Topik
Sumber Foto : Humas Buleleng

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENGPermasalahan dalam setiap program pembangunan yang dilaksanakan oleh SKPD di lingkup Pemkab Buleleng tentunya harus dapat dipecahkan. Pemecahan masalah ini, dapat diselesaikan dengan melakukan kajian atau riset untuk peningkatan kinerja SKPD dan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat.

Melihat pentingnya riset tersebut, Pemkab Buleleng melalui Badan Penelitian, Pengembangan, dan Inovasi Daerah (Balitbang Inovda) menggelar kegiatan Diseminasi Kelitbangan yang melibatkan SKPD lingkup Pemkab Buleleng, Tenaga Ahli atau peneliti dari Universitas Ganesha (UNDIKSHA) dan Universitas Panji Sakti (UNIPAS), di Hotel Puri Saron Singaraja, Rabu (25/11/2020).

Diseminasi Kelitbangan ini dibuka oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Buleleng Ir. I Nyoman Genep,MT mewakili Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST. Dalam kesempatan itu, hadir pula Kepala BalitbangInovda Buleleng dr. Gede Wiartana,M.Kes selaku Ketua Panitia.

Baca Juga :  Sambut Tahun Baru 2021, Sekda Buleleng Apresiasi Disiplin Masyarakat

Dalam laporannya, Kepala Balitbang Inovda Buleleng dr. Gede Wiartana,M.Kes mengatakan, pada tahun 2020 ini ada 9 topik penelitian atau kajian yang dilaksanakan oleh Balitbang Inovda Buleleng yang bekerjasama dengan Tenaga Ahli atau peneliti dari Undiksha dan Unipas. Dikatakannya, pemilihan 9 topik ini, telah melalui proses pembahasan yang cukup panjang. Penelitian ini memakan waktu 3 Bulan dan Diseminasi ini merupakan rangkaian kahir dari proses penelitian dan kajian.

Sembilan topik penelitian yang dibahas dalam pertemuan tersebut yakni, Dampak Pandemi terhadap UMKM, Penataan Sistem Pengelolaan Sampah dan Retribusi berbasis kawasan atau masyarakat di Kabupaten Buleleng, Kajian konsep Pengembangan Taman Kota menjadi Taman Tematik di Kawasan Perkotaan Singaraja, Penyusunan Rencana Induk Kelitbangan, Kajian “The Spirit of Sobean Buleleng”, Efektivitas program Keluarga Harapan dalam Penanggulangan Kemiskinan, Efektivitas BUMDESA dalam meningkatkan Pembangunan Ekonomi Desa, Kajian Peraturan Daerah Kabupaten Buleleng, Pembangunan Sistem Penjualan berbasis teknologi Agribisnis.

Baca Juga :  Bupati Buleleng Lantik dan Ambil Sumpah 82 Pejabat Eselon III dan IV

Dalam sambutan tertulis Bupati Buleleng yang dibacakan Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Buleleng Ir. I Nyoman Genep,MT mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, hasil dari penelitian atau kajian sangat bermanfaat bagi peningkatan kinerja SKPD. Dirinya meminta agar rekomendasi hasil penelitian ini bisa segera ditindaklanjuti oleh SKPD terkait.

Dalam sambutannya, Bupati Suradnyana mengatakan, SKPD harus mampu mengatasi permasalahan dan tantangan yang ada dengan bekerja keras dan berupaya melaksanakan berbagai terobosan yang kreatif dan inovatif serta melakukan berbagai penelitian dan kajian dalam rangka mendapatkan jalan keluar untuk mewujudkan peningkatan daya saing Daerah.

“Saya berharap kolaborasi dan sinergitas dari semua pihak perlu dipertahankan bahkan ditingkatkan, untuk memberikan kontirbusi positif guna mempercepat kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Buleleng,” harap Bupati Suradnyana diakhir sambutannya. (joz/humas-bllng/bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here