Bantuan
Sumber Foto : Humas Jembrana

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANASeperti hari Jumat sebelumnya, Bupati Jembrana I Putu Artha kembali berkeliling menyantuni warganya yang kurang beruntung. Kali ini, Jumat (20/11/2020) Bupati Artha menyambangi tiga warga yang beralamat di Kelurahan Banjar Tengah Kecamatan Negara. Artha hadir Sebagai bersama Sekda I Made Sudiada serta beberapa  pimpinan OPD teknis.

Pada kunjungan pertama, Artha menyambangi kediaman Gusti Ngurah Putu Wijaya, warga Lingkungan Tinyeb Banjar Tengah. Dihadapan  Bupati Artha mengaku, dampak  hujan lebat disertai angin cukup kencang, rumahnya hancur berantakan.

“Ini semuanya (rumahnya) disebabkan hujan lebat disertai angin cukup kencang yang terjadi pada Rabu (18/11/2020). Jelang petang rumah saya tiba-tiba roboh. Memang kondisi rumah ini sudah tua. Namun syukurnya saat musibah terjadi tidak ada yang orang di dalamnya. Sehingga korban jiwa bisa terhindarkan,” paparnya.

Ia mengatakan rumah yang sekaligus menjadi dapur itu sehari hari ditempati ibunya, Ni Komang Kari (66).

Untuk itu, Ia berharap mendapat uluran bantuan dari Pemerintah Daerah. “Mudah-mudahan bisa dibantu karena selama ini kondisi rumah kami memang tidak layak. Agar saat hujan tidak bocor lagi,” harapnya.

Baca Juga :  Pemkab Jembrana Gelar Belajar dan Melukis Bersama di Museum Manusia Purba Gilimanuk

Usai memantau kondisi bangunan rumah yang ambruk, Bupati Artha meminta Kadis PUPRKP secepatnya melakukan verifikasi, untuk bisa diusulkan mendapat bantuan. Bupati Artha menyatakan kondisi rumah itu memang sudah tidak layak untuk huni, sehingga dikhawatirkan membahayakan keselamatan penghuninya. “Silahkan didata agar cepat bisa diusulkan. Seperti didaftarkan untuk mendapat bantuan subsidi perumahan swadaya,” bebernya.

Ia menambahkan, musibah memang tidak bisa diprediksi. Karena itu semua warga hendaknya berhati-hati apalagi saat ini iklim tidak menentu terutama saat musim hujan ini.

Di lokasi, Bupati Artha juga menyerahkan bantuan sosial berupa sembako serta peralatan dapur, yang diterima langsung oleh orang tua pemilik rumah.

Dilokasi berikutnya, Bupati Artha juga menjenguk warganya yang tengah sakit. Diantaranya I Nyoman Semadi (55) dan Ni Komang Susilawati (31). Keduanya mengalami kelumpuhan sehingga tidak dapat beraktivitas dengan normal.

Suami Ni Komang Susilawati, Kade Suanjaya menuturkan, sejak melahirkan anak keduanya, istrinya mengalami sakit lumpuh hingga sekarang. “Setelah beberapa bulan sejak melahirkan anak kedua, istri saya mengalami gangguan fisik. Pengobatan telah dilakukan di berbagai rumah sakit di Bali, namun istri saya ini kondisinya masih seperti sekarang. Hal itu kami alami sejak tahun 2016 hingga sekarang dimana istri saya ini hanya bisa duduk di kursi roda saja,” ujarnya.

Baca Juga :  Gubernur Koster Hadiri Penyerahan Sertifikat PTSL Secara Virtual oleh Presiden Jokowi

Khusus kepada 2 (dua) warga yang sedang sakit, Bupati Artha minta kepada pihak kesehatan agar selalu melakukan pengecekan kehehatannya serta memfasilitasi jika sewaktu-waktu diperlukan. “Saya minta para petugas kesehatan baik Dinas Kesehatan dan pihak Puskesmas agar memperhatikan kondisi warga secara rutin. Fasilitasi mereka jika diperlukan seqwaktu-waktu ke RSU yang dikehendaki. Kita harapkan kondisinya akan segera pulih kembali,” tegas Bupati Artha.

Kepada warga kurang beruntung itu, Bupati Artha juga memberikan bantuan sembako serta uang tunai untuk membantu mencukupi  kebutuhan hidup sehari–hari.(agg/bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here