Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Guna mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), PLN kembali menggelar Festival PLN Peduli 2020. Bedanya, di tengah pandemi Covid-19, tahun ini kegiatan digelar secara daring, mulai tanggal 4-9 November 2020.

Pembukaan Festival PLN Peduli dilakukan langsung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang diwakili oleh Sekretaris Kementerian BUMN, Susyanto dan Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini.

Sekretaris Menteri BUMN, Susyanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa kondisi pandemi Covid-19 yang saat ini terjadi telah memberikan dampak sangat serius bagi perekonomian negara, khususnya bagi UMKM.

“Kementerian BUMN sangat mendukung kegiatan Festival PLN Peduli ini, karena ini dapat mendorong berputarnya kembali kegitan usaha dari para pelaku UMKM,” ucap Susyanto.

Baca Juga :  Implementasikan Proker TPAKD Denpasar Tahun 2024, Diskop UMKM Denpasar Gelar Kelas Akselerasi Pendampingan

Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini menjelaskan bahwa ajang ini adalah dukungan nyata perusahaan sebagai Badan Usaha Milik Negara terhadap UMKM terutama yang menjadi mitra binaan PLN.

“Ini wujud nyata dukungan kami untuk menggerakan UMKM yang ada di Indonesia. PLN menyadari UMKM memiliki peran yang sangat strategis, baik bagi perekonomian daerah maupun nasional. Sektor UMKM yang tangguh dan berdaya saing diyakini mampu menyejahterakan masyarakat,” tutur Zulkifli.

Mengangkat tema “Terangi Negeri untuk Pencapaian SDG’s”, pada ajang Festival PLN Peduli kali, PLN mengajak 100 Mitra Binaan untuk menampilkan 1000 lebih produk berkualitas dari seluruh Indonesia. PLN juga menggelar Webinar tentang CSR untuk mendukung Sustainable Development Goals yang disingkat SDG’s, serta pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan UMKM dalam mengelola usahanya agar mampu bersaing di pasaran.

Selain itu, festival ini juga menjadi marketplace yang memberikan ruang bagi para pengunjung untuk bertransaksi secara langsung. Festival ini menampilkan lebih dari 1.000 produk UMKM berkualitas.

Festival PLN Peduli ini merupakan event tahunan Corporate Social Responsibility (CSR) PLN yang menggambarkan berbagai program kegiatan CSR PLN yang sejalan dengan 7 subjek ISO 26000 tentang Panduan Pelaksanaan CSR dan mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDG’s.

Pelaksanaan Program CSR sekarang ini telah bertransformasi, dari yang dulu bersifat charity menjadi program-program yang memiliki manfaat berkelanjutan (sustainability) dan memberi nilai manfaat bagi perusahaan atau CSV (Corporate Social Value). (r/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News