Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kegiatan safety riding yang dilakukan saat ini dengan cara online adalah salah satu upaya berkelanjutan yang dilakukan dengan konsisten oleh Astra Motor Bali untuk terus menerus mensosialisasikan #Cari_Aman di jalan raya.

Menyasar para pelajar, kegiatan edukasi keselamatan berkendara dilaksanakan pada Jumat (13/11/2020) dengan mengundang 80 siswa dari SMA Negeri 5 Denpasar (SMANELA) untuk mengikuti webinar melalui google meet.

Hadir dalam layar monitor PS Kanit 1 Dikmas Subdit Kamsel Polda Bali Anak Agung Made Suarnawa yang memberikan pemaparan tentang perbedaan peraturan dan etika berlalu lintas. Disebutkan bahwa aturan berlalu lintas adalah bagaimana tata cara berlalu lintas yang baik, sedangkan etika berlalu lintas adalah bagaimana berdisilin berlalu lintas saat berkendara di jalan raya.

Dalam data kepolisian, kecelakaan yang mengakibatkan meninggal dunia sepanjang Januari hingga Oktober 2020 sebanyak 320 kecelakaan yang terjadi, jika dikaitkan dengan kasus Covid-19 nyaris sama yaitu 400 orang di rentang waktu yang sama.

Baca Juga :  Tim Gabungan Dishub Denpasar Tertibkan Kendaraan Yang Parkir Sembarangan, Diganjar Teguran, Penggembosan Hingga Tilang

Disebutkan lagi bahwa kecelakaan didahului karena pelanggaran, dan beberapa faktor penyebab terjadinya kecelakaan diantaranya dari faktor pengemudi yang mana kebanyakan tidak disiplin dan mengabaikan etika berkendara, kemudian  faktor kendaraan yang luput dari pengecekan sebelum berkendara misal rem, kondisi ban, tekanan angin dll, dan yang terakhir adalah faktor jalan misal ada lubang yang tertutupi air sehingga tidak terlihat saat naik kendaraan dan apabila hujan sangat deras sebaiknya minggir atau kurangi kecepatan.

Diingatkan pula bagi pengendara untuk mematuhi 5 rambu lalu lintas penting di jalan raya yaitu dilarang parkir, dilarang berhenti, dilarang putar balik, dilarang mendahului, dan lampu kuning.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Sampaikan LKPJ TA. 2023 di Hadapan Sidang Paripurna DPRD Kota Denpasar

Selanjutnya kelengkapan berkendara yang dipaparkan oleh Instruktur Safety Riding Astra Motor Bali, Yosepth Klaudius membahas bahaya menggunakan HP saat berkendara serta kemanapun selalu menggunakan helm, jaket, sepatu, sarung tangan. Serta tips melakukan pengecekan motor seperti bensin, oli, ban, kaca spion, dll serta 7 poster saat berkendara, yakni : mata, pundak, siku, tangan, pinggul, lutut dan kaki.

Safety Riding & Community Promotion Astra Motor Bali, Ngurah Iswahyudi mengatakan sebagai pelopor keselamatan dalam berkendara, Honda selalu berkomitmen untuk melakukan edukasi melalui beragam inovasi dalam menyampaikan materi yang sejalan dengan kampanye #Cari_Aman serta mendukung pemerintah dalam mengajak para peserta untuk tetap menjaga kesehatan dengan menjaga protokol kesehatan saat berkendara.

Baca Juga :  Dibuka Antari Jaya Negara, Libatkan Dua Narasumber TP PKK dan WHDI Denpasar Gelar Pelatihan Tata Rias dan Sanggul Bali

“Kegiatan belajar mengajar secara online untuk pelajar tidak menjadi hambatan untuk menambah pengetahuan tentang safety riding, bersama pelajar yang merupakan generasi penerus bangsa harus menjaga keselamatannya saat di jalan raya. #Cari_Aman adalah fokus utama ketika sudah berkendara, kami berharap seluruh pelajar lebih waspada dan tetap selalu #Cari_Aman serta paham persiapan yang wajib dilakukan saat akan berkendara,” ungkap Iswahyudi.(r/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News