Safety Riding
Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Memasuki musim hujan, terkadang sering membuat pengendara mengabaikan batas kecepatan, tujuannya hanya satu yaitu menghindari hujan, maupun cepat sampai tujuan tanpa harus terjebak hujan ditengah jalan, namun resiko kecelakaan pun sangat besar ketika pengendara memilih memacu kecepatan saat hujan turun.

Pengetahuan pentingnya keselamatan berkendara saat musin hujan menjadi topik dalam Webinar Edukasi Safety Riding bersama dengan siswa yang digelar secara virtual. Dilaksanakan secara bertahap pada Rabu (28/10/2020) bersama dengan 32 siswa dari  SMKN 1 Manggis Karangasem dan selanjutkan pada Jumat (30/10/2020) sebanyak 30 siswa  dari SMA PGRI 2 Denpasar yang sangat antusias mengikuti pembahasan Team Instruktur Safety Riding Astra Motor Bali Yosept Kluadius mengenai persiapan yang dilakukan menghadapi musim hujan.

Pertanyaan dari kalangan peserta menghiasi kolom chat yang menunjukkan semangatnya para siswa mengetahui tips dan hal-hal penting untuk melindungi diri supaya aman dan nyaman dijalan ketika hujan. Sebelum materi disampaikan pre-test dilakukan melalui metode menarik dengan ngikuti kuis online Quiziz dengan tujuan pemahaman materi dapat optimal dan edukasi safety riding pun dapat menarik perhatian peserta dengan metode virtual.

Baca Juga :  Tepat Hari Pahlawan, AMD.Express Diluncurkan, Jalur Cepat Ciptakan Jagoan Usaha Milik Kaum Milenial

Safety Riding & Community Promotion Astra Motor Bali, Ngurah Iswahyudi mengatakan sebagai pelopor keselamatan dalam berkendara, Honda selalu komitmen untuk melakukan edukasi melalui beragam inovasi dalam menyampaikan materi yang sejalan dengan kampanye #cari_aman serta mendukung pemerintah dalam mengajak para peserta untuk tetap menjaga kesehatan dengan menjaga protokol kesehatan saat berkendara.

“Melalui pembahasan berkendara aman dan nyaman di musim hujan, kami berharap  seluruh peserta atau siswa lebih waspada dan tetap selalu #Cari_Aman serta paham persiapan yang wajib di lakukan  saat akan berkendara,” ungkap Iswahyudi.

Dalam pemaparan selalu #Cari_Aman di musim hujan ini, instruktur safety riding Astra Motor Bali Yosept Kluadius memberikan tips aman berkendara sepeda motor saat hujan, diantaranya:

  1. Lindungi diri dari ujung atas hingga bawah dengan helm, jaket, celana panjang, sarung tangan dan sepatu.
  2. Gunakan jas hujan 2 piece atau model kemeja agar lebih aman karena jas hujan model ponco lebih rawan tersangkut dengan kendaraan lainnya
  3. Lakukan pemanasan ringan sebelum berkendara dengan tujuan badan lebih rileks.
  4. Perhatikan pengereman saat hujan turun karena kondisi jalan yang basah tentunya akan lebih licin. teknik pengereman yang benar sangat dibutuhkan saat berkendara di tengah hujan Jangan menekan rem secara mendadak karena akan menyebabkan selip pada ban karena kondisi jalan yang sangat licin. Teknik rem yang benar saat hujan adalah dengan melepas tuas gas pada jarak aman kemudian sedikit demi sedikit rem ditekan sehingga berhasil memperlambat sepeda motor dengan aman.
  5. Tingkatkan kewaspadaan saat berkendara, ketika hujan turun ada kemungkinan bahwa jalan yang ada akan tergenang air yang mungkin berlubang atau rusak dengan menjadi lebih waspada tentunya kita menjadi lebih berhati-hati.
Baca Juga :  Creative Talk Denfest ke-13, Rai Pendet Sutradarai DNA The Series

Pembelajaran atau Edukasi jarak jauh tidak menjadi halangan bagi siswa untuk diberikan pengetahuan pengenalan safety riding dijalan raya ketika musim hujan tiba. Tidak hanya penting #Cari_Aman, namun #Cari_Sehat pun wajib diperhatikan dengan selalu konsisten menggunakan masker saat berada di luar rumah.(r/bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here