Kerja Sama
Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Guna menciptakan kestabilan harga dan meningkatkan pemasaran rumput laut yang dihasilkan petani Nusa Penida, Pemerintah Kabupaten Klungkung menjalin kesepakatan dan kerja sama dengan perusahaan PT Indonusa Algaemas Prima. Penandatanganan kesepakatan tersebut dilaksanakan oleh Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta dengan Direktur PT Indonusa Algaemas Prima, Fandy Winyoto di ruang rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Selasa (6/10/2020).

Bupati Suwirta mengatakan, langkah kerja sama ini sebagai bentuk kepedulian dan upaya Pemkab Klungkung dalam menjaga kesejahteraan warga utamanya para petani di tengah pandemi Covid-19. Pariwisata yang beberapa tahun belakangan menjadi sektor utama mata pencaharian di Kecamatan Nusa Penida, telah mengalami keterpurukan akibat pandemi ini. Warga pun kembali antusias menekuni budidaya rumput laut yang mengakibatkan terjadinya fluktuasi harga.

“Lewat kesepakatan dan kerja sama ini, Pemkab berupaya berbuat di tengah kesulitan warga dalam menghadapi pandemi. Semoga dengan ini dapat meningkatkan pemasaran dan menjaga kestabilan harga rumput laut, sehingga berdampak pada pendapatan dan kesejahteraan para petani,” ujar Bupati Suwirta.

Baca Juga :  Gerakan “BISA” Sambut Adaptasi Kebiasaan Baru di Destinasi Wisata

Kerja sama ini nantinya terkait standar rumput laut, penyediaan rumput laut dan distribusi pembelian rumput laut. Perjanjian Kerja Sama selanjutnya dari pihak pemerintah daerah ditandatangani oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klungkung.

Di hari yang sama, Pemkab Klungkung juga menandatangani kesepakatan dan kerja sama dengan PT Jasa Raharja Cabang Bali tentang penanganan dan penyelesaian santunan korban kecelakaan penumpang angkutan umum dan lalu lintas jalan. Maksud dari kesepakatan bersama ini adalah dalam rangka meningkatkan kecepatan penanganan dan pendataan korban yang mengalami kecelakaan lalu lintas. Dengan kerja sama ini diharapkan akan memudahkan proses pendataan, pelayanan kesehatan serta penyelesaian santunan bagi korban.

Bupati Suwirta mengatakan, semenjak pesatnya perkembangan pariwisata serta peningkatan pembangunan infrastuktur terutama jalan di Nusa Penida, telah terjadi penambahan kasus kecelakaan lalu lintas.

“Kerja sama ini merupakan bentuk pemberian perlindungan kepada masyarakat pengguna jalan. Namun masyarakat diimbau untuk tetap berhati-hati dan waspada dalam berkendara,” ujar Bupati Suwirta.

Kesepakatan selanjutnya ditindaklanjuti dengan penandatanganan kerja sama Pemkab Klungkung oleh UPTD RSUD Gema Santi Nusa Penida dengan Jasa Raharja Cabang Bali.

Baca Juga :  DPKP Kota Denpasar Serahkan 500 Benih Ikan Nila di Kelurahan Renon

Turut Hadir dalam penandatanganan kesepakatan dan kerja sama ini, Sekda Gede Putu Winastra, para Staf Ahli serta pihak Koperasi Walet Sari. (dar/bpn)

Silahkan Berkomentar

Please enter your comment!
Please enter your name here