Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Bali mengadakan Pelatihan Wartawan Ekonomi bertempat di Hotel Griya Santrian, Sanur, Denpasar, 14-16 Oktober 2020. Pelatihan tersebut menghadirkan narasumber dari KPw BI Provinsi Bali, Satuan Kerja Bank Indonesia Kantor Pusat, PWI Pusat dan Koran Nasional.

Kepala KPw BI Provinsi Bali, Trisno Nugroho menyampaikan bahwa BI menyadari dalam upaya pencapaian visi untuk menjadi lembaga bank sentral yang kredibel dan terbaik di emerging market melalui penguatan nilai-nilai strategis yang dimiliki serta pencapaian inflasi yang rendah dan nilai tukar yang stabil bukanlah sesuatu hal yang mudah. Kebijakan-kebijakan bank sentral yang menitikberatkan pada upaya stabilitas ekonomi seringkali belum dapat dipahami dengan baik oleh masyarakat. Untuk itu, pengelolaan komunikasi kebijakan kepada stakeholder dan masyarakat sangat diperlukan dalam mendukung pencapaian visi BI tersebut.

Baca Juga :  Masyarakat Minati Pasar Murah Jelang Lebaran, Buru Beragam Kebutuhan Dengan Harga Terjangkau

“Di sinilah peran strategis media sebagai mitra dalam mengkomunikasikan kebijakan-kebijakan BI kepada masyarakat. Pentingnya memberikan gambaran terkait visi, misi, tugas dan peran strategis BI kepada media baik melalui artikel maupun peliputan kegiatan langsung khususnya terkait peran KPw BI Provinsi Bali di masa pandemi Covid-19 saat ini, dapat menjadi salah satu sarana dalam memberikan informasi kepada stakeholder maupun masyarakat luas,” ujar Trisno yang sekaligus membuka pelatihan tersebut.

Dikatakan, BI sebagai bank sentral tidak hanya bertugas menjaga stabilitas moneter, sistem keuangan dan sistem pembayaran, namun juga turut serta mendorong pertumbuhan ekonomi daerah melalui kebijakan dan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) serta merupakan mitra strategis pemerintah yang berperan sebagai advisor pemerintah daerah.

Baca Juga :  Lewat DTIK Festival 2024, Kota Denpasar Terus Dorong Digitalisasi dan Kolaborasi

“Mengingat media BI khususnya di Bali sering diikutsertakan dalam peliputan ekonomi, QRIS, PSBI, dan lain-lain, sehingga pelatihan ini akan sangat bermanfaat sebagai pembekalan dan pemahaman kepada wartawan terkait kebanksentralan, khususnya isu strategis dan kebijakan terkini BI,” jelasnya.

Selain itu, untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif kepada wartawan, BI juga mensinergikan pelatihan wartawan dengan Talkshow Tourism Survival and Revival Strategy Post Covid 19: Regional Goverment View yang akan dilaksanakan pada akhir pelatihan dengan menghadirkan narasumber tokoh-tokoh nasional dan Bali, yaitu Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia, Rosmaya Hadi; Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Wishnutama Kusubandio; Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati; serta Sandiaga Uno.

Baca Juga :  Eksekutif dan Legislatif Provinsi Bali Saling Dukung Bahas 2 Raperda Menjadi Perda

“Besar harapan kami, pelatihan ini selain memberikan wawasan, pemahaman peran dan fungsi strategis BI di kancah perekonomian nasional maupun daerah, juga dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalisme wartawan (media) sebagai garda terdepan dalam penyebaran informasi khususnya kebijakan BI kepada khalayak masyarakat,” pungkas Trisno. (dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News