Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Ditutupnya pariwisata Bali berimbas pada industri spa. Meskipun ada studio spa yang buka, tetapi pengunjung tak ada yang datang ke spa tersebut. Alhasil, banyak pengusaha spa saat ini beralih ke layanan home care.

Komang Pujiarini, operator lima spa di lima hotel berbintang di Bali, mengaku terpaksa menutup bisnis spa yang dikelolanya selama pandemi Covid-19 ini. “Sejak Maret lalu spa yang saya kelola harus ditutup karena hotelnya tutup akibat kasus Covid-19 semakin melonjak,” ujar Puji di Denpasar.

Salah satu upaya yang dilakukannya untuk tetap bertahan dan tidak sampai merumahkan karyawan, adalah membuat alternatif layanan dari awalnya spa studio ke home care spa. “Mungkin hasilnya tidak sebanyak tatkala sebelum pandemi, namun setidaknya mampu membuat mereka (karyawan) bertahan dalam kondisi ini,” ungkapnya.

Layanan spa rumahan yang didirikannya ini mampu berjalan sesuai harapan dan selalu ada orderan masuk setiap harinya. Selain itu respon pasar terhadap layanan baru ini juga cukup baik, meski dari segi pendapatan tidak semaksimal bisnis spa sebelumnya. Hal itu dikarenakan tarif yang dipasang untuk layanan spa ini jauh lebih murah dibandingkan dengan spa yang ada di hotel-hotel sebelumnya.

Baca Juga :  DPRD Gianyar Setujui Ranperda APBD Tahun Anggaran 2021 Jadi Perda

“Selain karena kebanyakan menyasar masyarakat lokal, daya beli masyarakat juga sangat lesu, jadi kami pasang tarif jauh di bawah itu,” katanya.

Putu Sukrenari, pengusaha spa lainnya juga mengakui hal yang sama. Sejak pandemi merebak, dirinya terpaksa mengalihkan bentuk pelayanan. “Sebelumnya kami yang menunggu pelanggan di tempat kami, sekarang kami yang datang ke rumah pelanggan dengan layanan home spa,” jelasnya.

Meski begitu, Sukrenari tetap melayani pelanggan dengan standar layanan spa pada umumnya. Selain itu penerapan protokol kesehatan juga tetap dilakukannya dalam melakukan aktivitas terapi di masa pandemi ini. (agni/bpn)

Silahkan Berkomentar

Please enter your comment!
Please enter your name here