Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Sebanyak 30 unit Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) diserahkan kepada kelompok tani/subak di Kabupaten Jembrana. Bantuan tersebut secara langsung diserahkan oleh Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan, bersama Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, I Wayan Sutama, bertempat di Balai Benih Pembantu (BBP) Desa Pohsanten, Kecamatan Mendoyo, Selasa (22/9/2020).

Kadis Pertanian dan Pangan I Wayan Sutama dalam laporannya menyampaikan, seluruh bantuan alsintan yang diserahkan hari ini kepada kelompok tani/subak se-Kabupaten Jembrana bersumber dari APBN khususnya dari Kementrian Pertanian melalui Anggota Komisi IV DPR RI I Made Urip dan Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra yang sudah memfasilitasi bantuan berupa alsintan tersebut.

Bantuan itu berupa perbaikan infrastruktur pertanian, bantuan benih, bantuan pupuk, bantuan alsintan dan lainnya. Bantuan terdiri dari, Combine Harvester (Mesin Pemanen Padi) sebanyak 2 unit, Power Thresher (Alat Perontok  Padi) sebanyak 2 unit, Traktor Roda Dua sebanyak 6 unit, Traktor Roda Empat sebanyak 3 unit, Pompa Air sebanyak 15 unit, Ternak sapi sebanyak 32 ekor kepada 2 kelompok serta Pekarangan Pangan Lestari (P2L) kepada 5 kelompok.

Baca Juga :  Amerta Lakukan Grebeg Pasar Sanglah dan Pasar Sesetan

“Diharapkan bantuan alsintan yang diserahkan hari ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh kelompok tani/subak sehingga dapat meningkatkan produksi pertanian di Kabupaten Jembrana serta tidak lupa kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Anggota Komisi IV DPR RI I Made Urip dan Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra yang sudah memfasilitasi bantuan berupa alsintan, semoga kedepan dapat mengalokasikan bantuan yang lebih banyak di Kabupaten Jembrana,” ujarnya.

Sementara Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan dalam sambutan menyampaikan, kedepan sektor pertanian harus terus-menerus dimaksimalkan, mengingat sektor pertanian menjadi salah satu prioritas unggulan dari Kabupaten Jembrana. Apalagi ditengah kondisi pandemi covid-19 ini, sektor pertanian tidak boleh berhenti dan harus tetap beraktivitas karena mengemban tugas mulia guna mewujudkan ketersediaan bahan pangan bagi masyarakat.

“Untuk itu dengan adanya bantuan alsintan ini, Saya berharap agar dijaga dan dipelihara dengan baik serta dimanfaatkan secara optimal guna meningkatkan produksi pertanian di Kabupaten Jembrana,” harapnya.

Selanjutnya Wabup Kembang mengatakan, saat ini minat generasi muda terhadap bidang pertanian harus terus-menerus digelorakan. Mengingat sekarang terdapat teknologi pertanian, salah satunya berupa modernisasi alsintan, yang tidak lagi menggunakan cara-cara konvensional.

Baca Juga :  Wamenparekraf Angela: Refocusing Kualitas dan Target Pasar Pariwisata

“Dengan adanya modernisasi alsintan tersebut, dapat memacu minat generasi muda untuk terjun kedalam sektor pertanian, sehingga kedepan dapat memajukan sektor pertanian di Kabupaten Jembrana,” ujarnya. (agg/bpn)

Silahkan Berkomentar

Please enter your comment!
Please enter your name here