Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – KPU Kota Denpasar menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Tahapan Kampanye dan Pelaporan Dana Kampanye Pasangan Calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Denpasar Tahun 2020 bertempat di Ruang Rapat Lantai III Kantor KPU Kota Denpasar, Jln. Raya Puputan, Niti Mandala, Renon, Rabu (23/9/2020).

“Maksud dan tujuan kegiatan adalah untuk kordinasi dan menyamakan persepsi antara pihak penyelenggara an peserta pemilihan serta pihak terkait lainnya, terkait pelaksanaan tahapan kampanye dan pelaporan dana kampanye paslon untuk Pilkada serentak Tahun 2020,” ujar Ketua KPU Kota Denpasar, I Wayan Arsa Jaya, SE.

Dikatakan, paslon akan diajak menyepakati beberapa hal terkait pelaksanaan kampanye dan dana kampanye. Sebelumnya, paslon telah sepakat tidak menggunakan APK (Alat Peraga Kampanye) tambahan demi terwujudnya Pilwali Kota Denpasar 2020 yang damai.

“Kami ingin mendorong Pilwali yang damai dan menjadi wahana percontohan dengan hanya memanfaatkan APK yang difasilitasi oleh KPU Denpasar, sehingga KPU tidak perlu meminta terlalu banyak titik pemasangan APK,” paparnya.

Baca Juga :  Pastikan Kesiapan Berlaga di PKB XLVI, Wali Kota Jaya Negara Tinjau Persiapan Sekehe Gong Sekar Kumara Banjar Abiannangka Kaja

Pihaknya pun ingin mendorong dan mempermaklumkan kepada para peserta bahwa tahapan ke depan akan disertai dengan pengetatan protokol kesehatan dan melalui forum ini semua pihak diajak untuk berselaras dan bersinergi dalam menerapkan protokol kesehatan.

Berita Acara kesepakatan tentang penetapan teknis kampanye paslon dalam Pilwali Kota Denpasar dengan isi sebagai berikut :

1) Tim Kampanye/LO Paslon sepakat mewujudkan dan mendeklarasikan Pilwali Kota Denpasar Tahun 2020 yang damai, patuh protokol kesehatan dan ramah lingkungan.

2) Bahwa Tim Kampanye/LO Paslon sepakat tidak mengadakan rapat umum secara konvensional tetapi melalui daring.

3) Bahwa Tim Kampanye/LO Paslon sepakat tidak mengadakan konser musik secara konvensional tetapi melalui daring.

4) Tim Kampanye/LO Paslon sepakat bahwa hari kampanye adalah diluar hari pembukaan dan penutupan masa kampanye, debat terbuka dan hari besar keagamaan.

Baca Juga :  Bulan Kartini, Dealer MFM Sakah Ajak Konsumen Wanita Senam Sehat

5) Tim Kampanye/LO Paslon sepakat untuk tidak melaksanakan kampanye pada hari besar keagamaan, yaitu 26 September 2020 (Hari Raya Kuningan) dan 29 Oktober 2020 (Maulid Nabi).

6) Tim Kampanye/LO Paslon sepakat untuk melaksanakan kampanye bersama untuk pembukaan dan penutupan masa kampanye yang jadwal dan bentuk acaranya akan ditentukan kemudian oleh KPU Kota Denpasar.

7) Tim Kampanye/LO Paslon sepakat untuk pelaksanaan kampanye berdasarkan jadwal hari berurutan sesuai dengan nomor urut dan mengosongkan hari ke-33.

8) Tim Kampanye/LO Paslon sepakat bahwa hari kampanye debat terbuka dilaksanakan sebanyak 2 kali pada Sabtu (10 Oktober 2020) dan Sabtu (28 Nopember 2020).

9) Tim Kampanye/LO Paslon sepakat untuk pelaksanaan pengundian nomor urut hanya dihadiri oleh Paslon, Tim Kampanye dan LO serta satu orang petugas dokumentasi dari masing-masing paslon.

Baca Juga :  Tekan Inflasi, Pj Gubernur Bali Minta Pemkab Manfaatkan Tanah Provinsi Untuk Menanam Bahan Pangan

10) Bahwa Tim Kampanye/LO Paslon sepakat terkait batasan dana kampanye sebesar Rp40 miliar.

Sementara Kanit I Sat Intelkam Iptu Komang Mastra menyampaikan terima kasih karena LO dan Ketua Tim Kampanye telah sepakat meniadakan rapat umum. “Karena hal itu juga harapan kami dalam pelaksanaan tugas. Kemudian pada 25 September 2020 kami juga akan melaksanakan acara Deklarasi Damai dengan mengundang pihak penyelenggara, peserta, pimpinan parpol serta beberapa pihak terkait lainnya,” sebutnya.

Ditambahkan, terkait acara Debat di satu ruangan dan dibatasi 50 orang serta yang boleh masuk hanyalah pihak yang sudah ditetapkan oleh KPU, maka pihaknya tetap melaksanakan pengamanan di luar tempat kegiatan. Apalagi ada maklumat Kapolri terkait pengerahan massa yang perlu diperhatikan dan dipatuhi bersama terkait penerapan protokol kesehatan. (dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News