Donor Darah Konvalesen
Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kodam IX/Udayana bekerjasama dengan PMI Provinsi Bali kembali mengadakan kegiatan donor darah plasma konvalesen guna membantu penyembuhan pasien positif Covid-19 di Bali. Kegiatan kedua kalinya tersebut berlangsung di aula Korem 163/Wira Satya, Denpasar, Selasa (29/9/2020).

Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Kurnia Dewantara menyampaikan bahwa plasma konvalesen ini sangat dibutuhkan oleh rumah sakit di Bali dalam upaya membantu penyembuhan pasien Covid-19. Donor darah kali ini diikuti oleh 37 orang yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

“Sebetulnya ada 109 orang yang bersedia berdonor, namun yang memenuhi syarat kesehatan hanya 37 orang, yaitu 22 orang dari masyarakat umum dan 15 orang dari anggota Kodam IX/Udayana,” ujar Pangdam didampingi Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf.

Kegiatan donor darah konvalesen yang dikaitkan dengan peringatan HUT ke-75 TNI ini juga akan dilaksanakan di Kabupaten Klungkung dan Buleleng. Pangdam menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada pihak yang telah bersedia melakukan donor pada kesempatan ini. “Kami akui masih banyak yang merasa enggan untuk melakukan donor plasma ini karena berbagai alasan. Untuk itu saya berharap kepada para pendonor kali ini agar bisa mengajak teman-temannya untuk berdonor juga,” ajak Pangdam.

Baca Juga :  Jaga Kesehatan, Kodam IX/Udayana Bersepeda Santai di Ubud

Sementara Direktur RS PTN Udayana, Prof. Dr. dr. Dewa Putu Gede Purwa Samatra, SpS (K) menyampaikan pihaknya sebelumnya telah menginjeksi plasma konvalesen kepada 15 pasien Covid-19 yang dirawat di RS PTN Udayana. Dari jumlah tersebut, 11 pasien berhasil sembuh dan 4 pasien tidak berhasil karena ada komorbid (penyakit penyerta) seperti paru-paru, jantung dan kencing manis.

“Tingkat kesembuhannya sekitar 80 persen dengan plasma konvalesen ini. Ada 7 pasien lagi yang akan diberi plasma konvalesen, namun data hari ini 2 orang sudah sembuh. Plasma diinjeksi ke pasien sebanyak dua kali, masing-masing 200cc,” jelasnya.

Salah seorang pendonor, Sang Kadek Dwi Candra Prayoga yang merupakan anggota Satpol PP ini mengungkapkan dirinya tergerak untuk mengikuti donor plasma konvalesen dengan harapan bisa membantu kesembuhan pasien Covid-19.

“Kita sebagai orang yang pernah kena Covid-19 setidaknya punya sedikit antibodi untuk melawan penyakit tersebut kembali. Maka saya mengajak teman-teman agar bersedia melakukan donor konvalesen ini sekaligus bisa membantu sesama,” ungkapnya. (dar/bpn)

Silahkan Berkomentar

Please enter your comment!
Please enter your name here