Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYARGaya hidup di fase new normal, tidak boleh lepas dari masker, face shield, maupun hand sanitizer. Ketiga item ini sudah menjadi suatu keharusan digunakan masyarakat dalam upaya memutus mata rantai Covid-19. Tingginya permintaan akan masker maupun face shield membuka peluang bisnis di masyarakat.

Hal inilah yang disikapi oleh TP.PKK Kabupaten Gianyar, bekerjasama dengan Indonesia Power Bali Power Generation Unit mengadakan pelatihan pembuatan masker/ face shield bagi 50 orang pengurus TP.PKK Kabupaten, Ketua TP. PKK Kecamatan,  kader Pokja II, Kader UP2K TP PKK Desa/Kelurahan BInaan tahun 2021 di Kabupaten Gianyar. Bertempat di Rumah Kreatif Museum Subak, pelatihan dibuka oleh Ketua TP.PKK Kabupaten Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra didampingi GM Indonesia Power Bali Power Generation Unit, Flavianus Erwin Putranto, Kadis DPMD Gianyar Dewa Ngakan Ngurah Adi, Kadis Sosial Gianyar A.A Putri Ari, dan wakil ketua I TP.PKK Kabupaten Gianyar Ny. Diana Dewi Agung Mayun, pada Senin (7/9/2020).

GM Indonesia Power, Flavianus Erwin Putranto pada kesempatan itu mengatakan, sangat senang karena diberikan kesempatan untuk ikut berkontribusi membantu warga Gianyar, meningkatkan keterampilan life skill khususnya di kalangan ibu-ibu PKK. Apalagi di masa fase new normal ini, kebutuhan akan face shield cukup besar dan dengan keterampilan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan penghasilan masyarakat.

Baca Juga :  Fraksi DPRD Kabupaten Gianyar Dorong Pengesahan RAPBD

Ketua TP.PKK Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra juga mengucapkan banyak terimakasih pada Indonesia Power Bali karena telah banyak membantu pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Gianyar. Sebelum pelatihan ini, Indonesia Power Bali juga telah berkontribusi pada 2 kelompok binaan yaitu Ekowisata Lembu Putih dan Ekowisata Tukik Saba Asri.

Pada masa pandemi ini, kata Ny. Surya Adnyani Mahayastra tidak dipungkiri perekonomian masyarakat terpuruk drastis. Melalui pelatihan- pelatihan seperti inilah TP.PKK Kabupaten Gianyar ingin memberikan motivasi bagi para kader PKK agar tidak hanya diam menunggu pandemi usai. Namun juga mampu melakukan kreativitas yang bermanfaat untuk dirinya sendiri maupun keluarga.

“Kita tidak boleh berdiam diri menunggu pandemi berlalu, tapi bagaimana kita mencoba bangkit dari keterpurukan dengan melihat berbagai peluang yang ada untuk membantu meningkatkan penghasilan keluarga,” tegas Ny. Surya Adnyani Mahayastra.

Untuk kedepannya, istri Bupati Gianyar Made Mahayastra berharap pelatihan ini dapat ditindaklanjuti baik secara perorangan maupun kelompok sehingga memberikan manfaat yang lebih.

“Kami juga akan mendorong kegiatan pelatihan yang lain dapat direncanakan dan dilaksanakan dengan menggunakan alokasi dana APBD, Dana Desa maupun CSR yang melibatkan seluruh kader PKK se-Kabupaten Gianyar,” ujar Ny. Surya Adnyani Mahayastra.

Baca Juga :  Gerakan “BISA” Sambut Adaptasi Kebiasaan Baru di Destinasi Wisata

Selain pelatihan, pada kesempatan itu Ny. Surya Adnyani Mahayastra selaku ketua K3S Kabupaten Gianyar menyerahkan 5 buah kursi roda kepada para lansia yang terkena stroke dan sakit menahun.  Bantuan kursi roda juga merupakan CSR dari Indonesia Power Bali Power Generation Unit sebanyak 10 unit.(ads/bpn)

Silahkan Berkomentar

Please enter your comment!
Please enter your name here