Guna mendukung gerakan Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas, Gedung Safety Riding Center di Yogyakarta dengan fasilitas lengkap mulai dari komputer simulasi hingga lahan praktik ini dapat digunakan untuk umum dan tidak dipungut biaya (foto diambil sebelum pandemi Covid-19). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Pada masa pandemi Covid-19 terjadi penurunan angka kecelakaan lalu lintas. Pandemi membuat masyarakat mengurangi mobilitasnya.

Demi meningkatkan  kesadaran  masyarakat  akan  pentingnya  keselamatan  berkendara, Astra, yang menginisiasi gerakan Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL) sejak tahun 2014, secara konsisten mengadakan berbagai kegiatan untuk mendukung program ini setiap tahun.

Gerakan IAABL ini merupakan wujud kepedulian Astra dalam meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk berperilaku aman berkendara dan berlalu lintas.

Hingga akhir 2019, jumlah orang yang terpapar program ini mencapai 34,6 juta orang. Pelopor IAABL mencapai 6.838 orang dan masyarakat yang teredukasi berjumlah 130.892 orang.

Pada tahun ini, Astra menargetkan orang teredukasi program IAABL menjadi 150.000 yang terbagi menjadi tiga kelompok, yakni kampanye keselamatan berlalu lintas untuk pelanggan, pelajar dan masyarakat umum.

Astra juga membina Kampung Berseri Astra (KBA) Pandean Lamper di Semarang, Jawa Tengah, yang memiliki keistimewaan sebagai pelopor kampung safety riding. Didukung oleh Grup Astra, di sini seluruh lapisan masyarakat berkomitmen untuk menjalankan program- program keselamatan berlalu lintas.

Baca Juga :  Pangapti: Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjuangan Trans-Bali 1963 di Pelosok Way Kanan Lampung

Sertifikasi Safety Driving Astra  bersama  Astra  World  juga  baru  saja  mengadakan  Sertifikasi  Kompetensi  Safety Driving untuk 20 karyawan perusahaan Grup Astra yang dilaksanakan di Cileungsi pada 12-13 Agustus 2020. Proses sertifikasi ini meliputi pelatihan secara virtual, tatap muka secara langsung, dan juga praktik lapangan dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan.

Harapannya, para karyawan yang sudah mengikuti pelatihan ini dapat berbagi ilmunya ke rekan-rekan karyawan yang lain, keluarga dan pelanggan Grup Astra.

Pada Juni-Juli 2020 juga diadakan empat webinar untuk mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Diponegoro, Institut Seni Indonesia Yogyakarta dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember yang berhasil merangkul lebih dari 400 mahasiswa.

Dalam rangka memperingati Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-65, Astra akan mengadakan Festival  IAABL  pada  Oktober  2020  secara  virtual  dan  diikuti  oleh  berbagai  komunitas pelopor IAABL di seluruh Indonesia.

Semangat Astra dalam mengampanyekan keselamatan berlalu lintas sejalan dengan cita- cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa.(r/bpn)

Silahkan Berkomentar

Please enter your comment!
Please enter your name here