Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Sejumlah warga yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 melaksanakan skrining sampel darah di Makodim 1610/Klungkung, Rabu (30/9/2020), untuk selanjutnya akan menjalani donor plasma konvalesen yang direncanakan berlangsung pada Kamis (1/10/2020).

Dandim 1610 /Klungkung Letkol Czi Paulus Joni Simbolon, S.E. M.Tr. (Han) menyampaikan pelaksanaan kegiatan ini dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-75 TNI Tahun 2020.

“Dengan kegiatan skrining sampel ini diharapkan diketahui terlebih dahulu kelayakan pemenuhan syarat kesehatannya sebelum melaksanakan donor plasma konvalesen, sehingga nantinya antibodi yang didapatkan merupakan yang terbaik dan dapat dimanfaatkan untuk membantu saudara kita yang saat ini masih sakit karena Covid-19, masih dalam perawatan,” jelas Dandim.

Dandim juga menekankan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan tersebut tetap memperhatikan protokol kesehatan sebagai prosedur yang menjadi pedoman dalam kondisi pandemi seperti saat ini.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Mempersembahkan Kampanye ‘Indosat Berkah Ramadan 2024’

“Memakai masker yang benar, jaga jarak dan cuci tangan dan pengukuran suhu tubuh wajib kita lakukan,” tegasnya.

Pelaksanaan skrining diikuti oleh beberapa warga yang sembuh dari Covid-19 yang secara sukarela bersedia menjadi pendonor plasma konvalesen.

“Mereka semua adalah warga atau penyitas yang dengan kesadaran sendiri melalui imbauan para Babinsa yang berada di lapangan saat ini siap untuk menjadi sukarelawan,” kata Dandim.

Adapun warga tersebut berasal dari wilayah Kodim 1610/Klungkung sebanyak 13 orang, wilayah Kodim 1623/Karangasem sebanyak 5 orang dan wilayah Kodim 1626/Bangli sebanyak 8 orang.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Mempersembahkan Kampanye ‘Indosat Berkah Ramadan 2024’

Pengambilan sampel darah dilakukan oleh Tim UTD PMI Kabupaten Klungkung. Setelah dilaksanakan uji laboratorium, hasil skrining terhadap 26 orang yang terdaftar maka yang memenuhi syarat untuk diambil sebagai pendonor plasma konvalesen sejumlah 21 orang, sedangkan 2 orang lainnya sebagai pendonor biasa.

“Kegiatan besok pagi (1/10/2020) calon pendonor plasma yang memenuhi syarat akan melaksanakan donor di Makodim 1610/Klungkung,” pungkas Dandim sekaligus berharap kegiatan ini dapat berjalan aman dan lancar. (dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News