Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLIDi tengah pandemi Covid -19, anak-anak muda atau Yowana di Desa Adat Tamanbali, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, membuat gebrakan membuka usaha kecil berbasis kepada UMKM.

Usaha dirintis sejak beberapa bulan lalu, tersebut telah mampu membantu perekonomian keluarga sekaligus membangkitkan jiwa wirausaha generasi muda.

Ketua Yowana Desa Adat Tamanbali Kadek Mariana asal Banjar Adat Sidawa ketika ditemui di lapangan Selasa (4/8/2020) menyampaikan, kegiatan usaha anak-anak muda, dijalankan murni dari keinginan dan dorongan sendiri dengan modal usaha mandiri. Usaha tersebut dilakoni karena melihat situasi ekonomi yang sulit di tengah wabah Covid-19. Selain membantu ekonomi keluarga, usaha ini sekaligus mampu ikut menggerakan roda perekonomian di desa adat.

“Ada sekitar lima belas tempat usaha telah dibuka oleh anak-anak muda di sembilan banjar adat Desa Adat Tamanbali ini, mulai warung, bar mini, penjualan sarana upakara, tanaman hias dan jenis usaha lainnya menjual aneka makanan dan minuman, tanaman hias, pot bunga dan usaha butik.

Baca Juga :  Kader PKK Gianyar Dilatih Membuat Face Shield

Lebih lanjut Kadek Mariana menjelaskan, untuk mendukung dan mengembangkan usaha anak-anak muda tersebut, pihak Yowana Desa Adat Tamanbali ikut terjun dan berperan di dalamnya. Yowana Tamanbali ikut membantu membuatkan profil usaha sekaligus mempromosikannya ke jejaring media sosial.

“Yowana juga sangat besar perannya dalam membantu dan mengembangkan usaha anak-anak muda,” pungkas Kadek Mariana.

Sementara itu, Bendesa Desa Adat Tamanbali, Sang Kompyang Suarjaka, SH., mengatakan, dukungannya terhadap usaha dijalankan Yowana Desa Tamanbali. Usaha tersebut diharapkan dapat menginspirasi para Yowana lain untuk melakukan hal serupa.

“Kami dukung usaha dilakukan Yowana Desa Tamanbali, apalagi demi ketahanan ekonomi di tengah pandemi Covid-19. Semangat ini  diharapkan bisa digetok tularkan kepada Yowana lain agar bisa ikut mandiri,” tegas Sang Kompyang Suarjaka.(ana/bpn)