Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Dengan dibangunnya Pelabuhan Bias Munjul Nusa Ceningan akan berdampak pada meningkatnya mobilisasi kendaraan ke Pulau Ceningan dan Pulau Lembongan. Untuk mendukung dibangunnya pelabuhan itu, diperlukan infrastruktur jembatan yang lebih besar yang menghubungkan Nusa Ceningan-Nusa Lembongan.

Terkait hal itu, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Klungkung Anak Agung Lesmana meninjau lokasi rencana pembangunan jembatan tersebut, Selasa (11/8/2020).

Menurut Lesmana, peninjauan ini dilakukan dalam rangka rencana Pemkab Klungkung untuk membuat jembatan baru yang bisa dilalui kendaraan roda empat, disamping untuk menghubungkan Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. “Jembatan ini nantinya akan digunakan sebagai konektivitas dengan pelabuhan yang dibangun di Bias Munjul,” katanya.

Bupati Suwirta menugaskan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan dan Kawasan Pemukiman untuk segera menyiapkan keperluan seperti memastikan lahan aset yang digunakan dalam membangun dan mematangkan perencanaan pembangunan jembatan ini. Bupati juga menugaskan perangkat desa dinas maupun adat untuk segera menginventarisir lahan dari lokasi yang akan digunakan dalam pembuatan jembatan tersebut.

Baca Juga :  Jelang Galungan, Bupati Suwirta Pantau Penerapan Prokes di Pasar

“Pemkab dalam hal ini akan berusaha secara maksimal dalam pembuatan jembatan ini, agar tidak sampai mengenai tanah dengan status milik masyarakat di Nusa Ceningan maupun Lembongan,” ujarnya.

Bupati Suwirta menambahkan setelah usulan selesai dibuat akan diajukan ke Gubernur Bali dengan harapan usulan tersebut dapat dikawal dan direalisasikan oleh pemerintah pusat. Dengan adanya jembatan yang baru ini, Bupati Suwirta berharap dapat mengoptimalkan keberadaan Pelabuhan Bias Munjul dan lalu lintas menjadi lancar, baik bagi pengguna roda dua maupun roda empat yang datang berkunjung ke Pulau Ceningan maupun Pulau Lembongan.

“Harapan kami setelah usulan selesai dibuat akan diajukan ke provinsi untuk dapat dikawal oleh Bapak Gubernur dan bisa segera direalisasikan oleh pemerintah pusat,” harap Bupati Suwirta.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Nusa Penida Komang Widiasa Putra, Perbekel Lembongan Ketut Gede Arjaya, perwakilan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Klungkung dan instansi terkait lainnya. (dar/bpn)