Orientasi Anggota dan Karya Latihan Wartawan (KLW) Tahun 2020 di Gedung PWI Bali, Denpasar. Sumber Foto : dar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bali menggelar Orientasi Anggota dan Karya Latihan Wartawan (KLW) Tahun 2020 bertempat di Gedung PWI Bali, Jl. Gatot Subroto, Lumintang, Denpasar, Jumat (28/8/2020). Kegiatan kali ini mengangkat tema “Pers Bermutu Bangsa Maju” yang diikuti sekitar 106 peserta.

Ketua Panitia, Emanuel Dewata Oja (Edo) menyampaikan peserta Orientasi Anggota dan KLW tahun ini, sekitar 80 persen berasal dari media online, sedangkan sisanya merupakan media cetak dan elektronik.

“Kami tak menyangka minat kawan-kawan wartawan cukup tinggi, perkiraan kami hanya 25-30 peserta, tapi ternyata sampai 100 lebih. Ini luar biasa,” ujarnya.

Edo menambahkan, kegiatan kali ini sudah dipersiapkan sejak satu bulan lalu. Proses pendaftaran pun lebih ketat dibandingkan kegiatan sebelumnya, dimana peserta atau calon anggota wajib melampirkan dokumen badan hukum media masing-masing.

“Kami (PWI) ingin agar anggotanya berasal dari media yang berbadan hukum pers dan jelas. Selama ini ada yang bukan wartawan dan bermaksud ikut kegiatan ini, tapi kami singkirkan,” tegasnya.

Baca Juga :  Kemenperin Gelar Pelatihan 3 in 1 Serentak 7 BDI

Dalam kegiatan yang berlangsung sehari ini, peserta mendapatkan materi tentang Kode Etik dalam UU No.40/1999 yang disampaikan oleh Budiharjo, serta Pedoman Penulisan Media Siber (PPMS) dan Pedoman Pemberitaan Ramah Anak oleh Edo.

Di akhir kegiatan, peserta mengikuti ujian yang dirangkai dengan pengumuman kelulusan dan pembagian sertifikat.

Ketua PWI Bali, Dwikora Putra menyampaikan kegiatan Orientasi dan KLW ini menjadi hal wajib bagi calon anggota dan telah diputuskan pada Kongres PWI tahun 2018 di Solo.

“Mulai 2019, calon anggota PWI wajib mengikuti Orientasi dan KLW. Maka saya merasa surprise karena peserta pada kegiatan ini sangat membludak, terima kasih kawan-kawan, selamat bergabung di rumah besar PWI,” ungkapnya.

Ditambahkan, jumlah anggota PWI di Indonesia saat ini sudah mencapai sekitar 15 ribu orang. Sementara anggota PWI Bali sebanyak 300 orang lebih. “Jika ditambah dengan peserta kali ini, mudah-mudahan semua lulus, maka jumlah anggota menjadi 400 orang lebih,” paparnya.

Pihaknya berharap para anggota nantinya tidak hanya mencari rumah di PWI, tetapi juga bisa memberi penghidupan bagi PWI. “Saya berharap kawan-kawan yang sudah menjadi anggota PWI nanti bisa mempertanggungjawabkan keanggotaannya tersebut,” pungkas Dwikora Putra.

Baca Juga :  Senang Bertemu Paslon Amerta, Pedagang Harapkan Perbaikan Ekonomi

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan paket sembako oleh pihak PT Jimbaran Hijau kepada peserta. (dar/bpn)

Silahkan Berkomentar

Please enter your comment!
Please enter your name here