Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Gagasan atau ide Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta membentuk sebuah koperasi yang khusus mengolah sampah, kolam pancing, pembentukan entrepreneur segera akan beroperasi. Hal tersebut terlihat saat Bupati Suwirta mengunjungi Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center, Dusun Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kamis (20/8/2020).

Koperasi Gema Nadi Lestari yang juga dibentuk oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Klungkung untuk mengembangkan wadah ekonomi sesuai dengan Mars PKK dengan konsep pemberdayaan masyarakat akan mengelola tiga unit usaha, yakni pengolahan sampah, kolam pancing dengan kuliner, dan pembentukan entrepreneur.

Baca Juga :  HOAKS!! Rekrutmen PLN Group

Dengan adanya koperasi tersebut, Bupati Suwirta berharap upaya menuntaskan masalah sampah di Kabupaten Klungkung bisa terwujud, dimana pengolahan sampah bisa menghasilkan berbagai macam produk sehingga memberikan nilai ekonomis dan bisnis.

Dikatakan, untuk koperasi pengelolaan kolam pancing dengan kuliner yang berada di Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan akan dibahas lebih lanjut sehingga tidak menyalahi aturan. Sedangkan koperasi pembentukan entrepreneur, yakni pembinaan kepada anak-anak muda untuk berhidroponik atau petani muda keren serta mencetak anak-anak muda menjadi generasi yang mempunyai kemampuan entrepreneurship, sehingga dalam kondisi pandemi Covid-19 ini mereka mempunyai harapan untuk menyambung hidupnya.

Baca Juga :  DPRD Bali Rekomendasikan Langkah Strategis untuk Kemajuan Bali

“Tentu dalam mengelola ini saya tidak bisa sendiri, maka saya menggandeng teman-teman yang memiliki kompetensi dibidangnya untuk bertukar pikiran. Sehingga koperasi yang kita bentuk ini bisa menghasilkan sesuatu tidak hanya dari unsur bisnisnya, melainkan juga bisa menciptakan generasi entrepreneurship, dan masalah sampah bisa teratasi dengan adanya koperasi ini,” ujar Bupati Suwirta.

Sementara itu, Putu Yudi Pasek Kusuma yang bergelut di bidang hidroponik mengatakan, dirinya sangat tertarik bergabung di koperasi ini. Dirinya mempunyai keinginan untuk membentuk pengusaha muda yang sejalan dengan visi misi Bupati dalam menciptakan entrepreneurship di tiap desa.

Baca Juga :  Ucap Syukur, DPD Gerindra Bali Melakukan Persembahyangan ke Pura Batur dan Besakih

“Kita akan membentuk petani modern melalui hidroponik dan akan menjadi pengusaha muda,” ujarnya. (dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News