Sumber Foto : Humas Jembrana

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANASetelah kemarin terselenggara di Pantai Candikusuma, PHRI Jembrana bersama Disparbud Jembrana kembali menggelar kegiatan sosial Jembrana Clean Up Day (JCD). Kegiatan ini berupa aksi sosial bersih-bersih di Pantai Yeh Sumbul, Desa Yeh Sumbul, Kecamatan Mendoyo, Jumat (7/8/2020).

Kegiatan JDC ini dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan, Ketua DPRD Jembrana Ni Made Sri Sutarmi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jembrana I Nengah Alit, serta Pengurus PHRI Jembrana, unsur TNI/Polri, Aparat Desa Yeh Sumbul, serta beberapa komunitas yang hadir hingga mencapai 11 komunitas yang mengikuti JDC tersebut.

Ketua Panitia JDC yang juga Sekretaris PHRI Jembrana Ni Made Ayu Ariati menyampaikan, JDC berupa aksi sosial bersih-bersih pantai dari sampah plastik ini dimulai dari pukul 07.30, dibagi dalam beberapa titik sepanjang Pantai Yeh Sumbul guna tetap menjaga physical distancing sesuai dengan protokol kesehatan.

“Kedepannya kegiatan ini akan rutin dilaksanakan setiap bulan menyasar destinasi wisata yang berbeda-beda yang ada di Kabupaten Jembrana. Untuk itu, perlunya terus meningkatkan koordinasi dengan Pemerintah Daerah Jembrana, aparat desa dan seluruh lapisan masyarakat mengenai pentingnya menjaga lingkungan bebas dari sampah plastik,” ucapnya.

Baca Juga :  Polres Tabanan Ajak Masyarakat Terapkan Prokes

Lebih lanjut Ayu Ariati menjelaskan tujuan dan sasaran diselenggarakan JCD ini, selain melaksanakan pembersihan pantai juga melalui kegiatan ini mampu menumbuhkan kesadaran seluruh lapisan masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan khsusnya pantai dari sampah plastik agar tetap indah, bersih, serta menarik untuk dikunjungi. Karena kita tahu bersama sampah plastik tidak bisa diurai dan menganggu pemandangan yang ada di pantai tersebut.

“Selain itu, kegiatan ini juga sebagai ajang promosi destinasi wisata Jembrana seperti lokasi JCD kali ini di Pantai Yeh Sumbul yang terkenal memiliki potensi panorama sunrise dan sunsetnya,” tuturnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jembrana I Nengah Alit mengapresiasi  kepada PHRI Jembrana yang telah berinisiatif melaksanakan JCD berupa kegiatan bersih-bersih pantai ini. “Saya sampaikan terima kasih atas inisiatifnya, semoga dengan JCD ini dapat menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan khususnya di pantai dari sampah plastik, mengingat banyak dampak negatif yang ditimbulkan dari adanya sampah plastik, selain mengotori pantai dan merusak pemandangan, juga berdampak pada ekosistem laut yang tercemar dengan adanya sampah plastik tersebut,” imbuhnya.

Baca Juga :  Jadi Kampus Kebanggaan, Gubernur Koster Ajak UNUD Makin Berperan dalam Pembangunan Bali

Selain itu, Nengah Alit juga menjelaskan melalui kegiatan JDC ini sebagai persiapan pariwisata Jembrana dalam menyongsong tatanan kehidupan baru yang berlaku di seluruh lapisan kehidupan termasuk didalamnya dalam bidang pariwisata. “Kesadaran tentang pentingya penarapan protokol kesehatan itu, tidak hanyak dilakukan oleh pelaku wisata saja, namun seluruh masyarakat pendukung pariwisata yang terlibat dalam jasa pariwisata di Jembrana,” cetusnya.(agg/bpn)