Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Bali memiliki potensi perikanan yang cukup besar, sehingga hal ini perlu dimanfaatkan dengan baik demi peningkatan perekonomian. Selain itu pasar ekspor hasil perikanan juga terbuka lebar.

Hal ini pula yang mendorong terbentuknya kelompok-kelompok nelayan yang nantinya bisa menaungi kegiatan dan budidaya perikanan. Seperti Kelompok Nelayan Budidaya Rumput Laut Segara Dana Asih, Desa Lembongan, Kabupaten Klungkung. Kelompok ini baru terbentuk dan rencananya dikukuhkan pada September 2020 mendatang.

Terbentuknya Kelompok Nelayan Budidaya Rumput Laut Segara Dana Asih ini diapresiasi oleh Ketua F-Pelukan (Forum Pelaku Usaha Perikanan) Bali, Ketut Adil Darmayasa.

“F-Pelukan Bali memiliki kepentingan sesuai visi dan misi untuk memajukan sektor perikanan di segala sektor lingkup perikanan,” kata Adil Darmayasa.

Baca Juga :  Miliki Gedung Baru, Polres Klungkung Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat 

Menariknya lagi, kelompok ini justru digagas oleh anak-anak muda lokal Desa Lembongan dengan kepengurusan terdiri dari I Putu Rauh Suantara (Ketua), I Kadek Suyantara (Wakil Ketua), I Putu Bali, S.Pd (Sekretaris I), Agoes Werdhy Saputra (Sekretaris II), Kadek Suryana (Bendahara I) dan I Putu Werdi (Bendahara II).

Ruang lingkup sektor perikanan itu luas, meliputi Perikanan tangkap, Perikanan Pengolahan dan Pemasaran, serta Perikanan Budidaya yang terdiri budidaya perairan laut, budidaya air payau, perikanan air tawar dan rumput laut. Dari banyak sektor tersebut peluang anak muda terjun ke dunia perikanan akan semakin luas serta memiliki optimis yang tinggi untuk maju.

Adil Darmayasa yang juga Pencetus Rumah Pangan Sehat ini berharap agar anak-anak muda yang kerap disebut kaum milenial tidak alergi untuk terjun di sektor perikanan yang secara wilayah dan segmennya sangat luas.

“Sejarah resesi tahun 1998 dan kini 2020 membuktikan begitu kuat sektor perikanan sehingga anak muda tak perlu khawatir karena sektor perikanan terbukti bertahan,” jelasnya.

Sekarang menurutnya, perlu dukungan pemerintah baik itu Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Klungkung, Provinsi serta Ditjen Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“Regulasi program-program prioritas perlu disosialisasikan ke tingkat pebudiya,” katanya.

Pada momen peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 dan bersamaan dengan kegiatan perdana, seluruh pengurus dan anggota Kelompok Nelayan Budidaya Rumput Laut Segara Dana Asih, Desa Lembongan melaksanakan upacara bendera di tengah-tengah lahan budidaya, Senin (17/8/2020).

Baca Juga :  Bupati Suwirta Tinjau Penataan Hasil Pengerukan Pelabuhan Bias Munjul

Disinggung soal kondisi sektor perikanan dan prospek ekspor akibat pandemi Covid-19, Adil Darmayasa mengungkapkan ke depan tetap ada harapan dan semangat untuk bangkit kembali, apalagi kini sudah memasuki era tatanan kehidupan baru.

“Berat memang, namun tetap optimis di tengah pandemi ini masih bisa bertahan dan ke depan mampu memperluas pasar ekspor ke Eropa maupun Amerika, kuncinya adalah UMKM harus mampu beradaptasi dengan era saat ini dan terus melakukan terobosan baru,” tegasnya.

Sumber Foto : Istimewa

Ia pun memberikan kata-kata motivasi agar bisa sukses menjalani kegiatan apapun, khususnya di sektor perikanan. “Sukses bukan sekadar kita punya uang banyak, tapi sukses itu ketika kita bisa membuat orang lain punya harapan,” pungkasnya.(ads/bpn)