Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANAPiodalan di Pura Manik Mas Besakih, Kabupaten Karangasem, Bali dilaksanakan setiap 6 bulan sekali. Piodalan yang jatuh pada Saniscara Wuku Wariga, Sabtu (22/8/2020) dilaksanakan pujawali ida dengan tingkatan upakara bebangkit tersebut di puput oleh Ida Pedanda Gede Rai Pidada dari Griya Gede Pidada Kabupaten Klungkung.

Sebelum dilaksanakan persembahyangan, rangkaian pujawali diawali pecaruan, terdapat juga pementasan Topeng Sidakarya di Madya Mandala termasuk wayang kulit juga dipertunjukkan dalam rangkaian puncak piodalan di Pura Manik Mas Besakih.

Hadir dalam puncak piodalan tersebut Bupati Jembrana I Putu Artha yang didampingin Ny. Ari Sugianti Artha, Ketua DPRD Jembrana Ni Made Sri Sutarmi, Sekda I Made Sudiada, Para Asisten Setda serta Kepala OPD di lingkungan Pemkab Jembrana.

Mengingat pura Manik Mas Besakih adalah amongan (tanggung jawab) dari Pemkab Jemrbana. Dalam pelaksanaan persembahyangan tersebut tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Baca Juga :  Bupati Tamba Mendem Pedagingan Karya Ngenteg Linggih Pura Khayangan Jhagat Luhur Berangbang Agung

Ketua Panitia Piodalan Pura Manik Mas I Gusti Mangku Jana menyampaikan rangkaian piodalan di pura Manik Mas Besakih berlangsung dari tanggal 21 sampai 23 Agustus,  Sabtu (22/8/2020) adalah puncak piodalan, serta besok dilaksanakan penyineban Ida Bhatara Pura manik Mas.

“Terkait tingkatan upakara yang digunakan bebangkit serta piodal tersebut di puput oleh Ida Pedanda Gede Rai Pidada dari Griya Gede Pidada, Klungkung,” ujarnya.

Usai persembahyangan Bupati Jembrana I Putu Artha menyampaikan, Pura Manik Mas sebagai salah satu dari 2 pura di Besakih yang menjadi amongan (tanggung jawab) Pemkab Jembrana.

Sebagai Pengemong sudah pasti saat pujawali yang jatuh pada setip 6 bulan sekali umat di Jembrana khususnya Pemkab Jembrana wajib ngaturang bhakti. “Persembahyangan yang kita laksanakan ini, guna  memohon  kepada Ida Betara yang bersetana di Pura Manik Mas Besakih, khususnya umat di Kabupaten Jembrana dan Bali agar  diberikan Kerahayuan dan Keselamatan, terlebih kondisi seperti sekaranga  ini,  pandemi Covid-19 tersebut segera berlalu, sehingga masyarakat dapat beraktivitas seperti sedia kala, serta perekonomian dapat pulih kembali,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut pula Pemkab Jembrana juga menyerahkan punia kepada pantia karya yang diserahkan oleh Sekda I Made Sudiada kepada Ketua Panitia Piodalan I Gusti Mangku Jana.

Baca Juga :  Jembrana Gelar Tawur Kesanga di Catus Pata Simpang Sudirman 

Selain di Pura Manik Mas Besakih, Bupati Artha juga menyempatkan diri bersama Sekda I Made Sudiada untuk tangkil dan melakukan persembahyangan di Pura Pedarman dan Penataran Agung Besakih. (agg/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News