Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Di era digital ini, buku telah bertranformasi ke dalam bentuk suara (audiobook) sehingga kegiatan membaca tak lagi membosankan dengan menghabiskan waktu duduk berjam-jam. Sebuah pengalaman berbeda, karena isi dari sebuah buku diceritakan oleh seorang penutur.

Audiobookportal.com hadir untuk memfasilitasi para penulis yang ingin mencoba media baru alih wahana dari bentuk buku menjadi bentuk suara. Portal ini dirancang untuk menampilkan berbagai genre karya sastra, baik fiksi maupun nonfiksi yang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa.

audiobookportal.com adalah domain bagi insan kreatif untuk menerbitkan dan mempublikasikan karya literatur dalam bentuk buku suara. Selain menawarkan pengalaman estetis dan artistik yang berbeda, penikmatan karya sastra melalui sensasi aural kian memudahkan diseminasi pengetahuan kepada publik, dan selaras dengan preferensi generasi milenial dalam mengkonsumsi ilmu pengetahuan secara digital,” ungkap Marlowe Bandem, seorang wirausahawan, arsiparis, dan pegiat kreatif sekaligus Pendiri audiobookportal.com di Antida Record Bali, Denpasar, Jumat (14/8/2020).

Portal ini menjadi layanan jasa pembuatan audiobook pertama di Bali dengan layanan jasa yang lengkap dari produksi buku suara sampai publikasi melalui website dan marketplace lainnya.

Baca Juga :  Pemprov Bali Bagikan 175.000 Masker Bagi Pedagang dan Pengelola Pasar

“Proses pembuatan audiobook melalui beberapa tahapan teknis. Para penulis dapat membacakan langsung karyanya atau menunjuk penutur lain. Setelah proses recording, kami akan mengedit atau mengatur suara hasil rekaman, menggabungkannya, memotong bagian yang tidak perlu, dan menjadikan suatu kesatuan audiobook yang utuh, kemudian mixing dengan menambahkan beberapa efek dan ilustrasi musik. Kami berkerjasama dengan para musisi hingga proses akhir mastering dan siap dipublikasikan,” ungkap Anom Darsana, Pendiri Antida Record Bali yang juga Pendiri audiobookportal.com.

Salah satu karya buku suara yang telah diluncurkan adalah “Sebab Cinta”, sebuah buku kumpulan cerita pendek (Cerpen) karya Kadek Purnami. Audiobook Sebab Cinta ini berisi 12 karya Cerpen) yang mengangkat tematik kehidupan tentang romansa, mimpi, keputusasaan, ketidakadilan, derita, dan harapan serta budaya Bali. Dalam audiobook ini Kadek Purnami langsung menjadi penutur. Aransemen musik yang indah dibuat langsung oleh sederetan musisi kawakan diantaranya Wayan Balawan, Wayan Gde Yudane, Yuri Mahatma, Astrid Sulaiman, Angga Waskita, Komang Sraya, Dayu Ana serta pianis asal Jerman, Mick Baumeister.

Baca Juga :  Pemprov Buka Seleksi Anggota KPPAD Bali

“Ada pengalaman yang berbeda yang saya rasakan dalam berkarya ketika mengubah buku ini menjadi audiobook. Hal ini memberikan ruang imajinasi yang luas. Dengan tambahan ilustrasi musik menjadikan buku suara ini lebih kaya, menjadi sebuah karya seni yang kolaboratif dengan berbagai musisi dan kreator seni,” ungkap Kadek Purnami. (dar/bpn)