Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Gedung Kantor LPD Desa Adat Kesiman, Kecamatan Denpasar Timur diresmikan oleh Wakil Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara yang ditandai penandatanganan prasasti, Sabtu (25/7/2020).

Peresmian diawali dengan menggelar upacara Pecaruan Wraspati Kalpa dan Pemelaspasan. Pemucuk LPD Desa Adat Kesiman, I Wayan Rayun mengatakan gedung ini merupakan perluasan dari gedung sebelumnya, dibangun di atas lahan seluas 4 are lebih dengan menghabiskan dana Rp5 miliar sudah termasuk untuk dana aksesoris, kelengkapan kantor, penataan taman dan upacara. “Gedung ini akan kami fungsikan untuk pelayanan,” kata Rayun.

Ditambahkan, dana pembangunan sepenuhnya berasal dari dana LPD. Adanya gedung baru ini diharapkan semakin menguatkan kerjasama antara LPD, krama (masyarakat) dan desa adat. “Ketiga komponen ini memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas kinerja LPD,” imbuhnya.

Keberadaan gedung baru ini juga merupakan bukti nyata kontribusi masyarakat dalam memanfaatkan jasa dan layanan LPD baik berupa tabungan, deposito dan kredit.

“Kehadiran gedung kantor ini dalam rangka menguatkan keberadaan dan pelayanan LPD kepada masyarakat,” jelas Rayun sembari menyebutkan gedung kantor yang sebelumnya akan dikhususkan untuk pelayanan kredit dan kantor Bendesa.

Baca Juga :  Sembuh 18 Pasien, Jembrana Nihil Covid-19 Hari Ini

Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara memberikan apresiasi kepada LPD dan Desa Adat Kesiman telah mampu mewujudkan gedung kantor yang representatif. “Kami berharap dapat meningkatkan profesionalitas dan kualitas pelayanan, terlebih telah adanya ATM LPD yang dapat mempermudah pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Jaya Negara.

Pada kesempatan ini juga dilakukan launching ATM LPD Kesiman. Pemanfaatan IT sebagai langkah nyata LPD dalam meningkatkan kualitas pelayanan yang bermuara pada peningkatan kinerja. Hingga 30 Juni 2020 jumlah aset LPD Kesiman mencapai Rp306 miliar, tabungan Rp94 miliar, deposito Rp161 miliar, dan kredit Rp181 miliar dengan keuntungan yang diraih Rp4,3 miliar per semester satu.

Acara peresmian tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Denpasar,  Pengurus BKS LPD Bali dan BKS LPD Denpasar, perwakilan LPD, Prajuru Bendesa, tokoh masyarakat serta Kelian Banjar.(ads/bpn)