Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Kodim Bangli mengerahkan jajaran di bawahnya dalam rangka mendisiplinkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan terkait Covid-19. Seperti dilakukan oleh Koramil 1626-01/Bangli di Pasar Tradisional Bale Agung, Banjar Gunaksa, Kelurahan Cempaga, Kecamatan Bangli, Sabtu (4/7/2020).

Babinsa Kelurahan Cempaga, Koramil 1626-01/Bangli Serka I Wayan Sujana bersama Satgas Gotong Royong Banjar Adat Gunaksa melakukan penertiban atau pendisiplinan kepada pengunjung dan pedagang yang sedang berinteraksi di pasar.

“Kita lakukan penertiban agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan dalam menghadapi Covid-19”, ungkap Babinsa Serka I Wayan Sujana.

Dalam kegiatan pendisiplinan tersebut masih ditemukan beberapa warga yang belum disiplin mematuhi protokol kesehatan, seperti kurang tepat menggunakan masker. Ada pula warga yang berkerumun saat bertransaksi, atau mengabaikan physical distancing.

Baca Juga :  Wabup Wayan Diar Kukuhkan Relawan Donor Darah Sukarela di Desa Penglumbaran Susut

Danramil 1626-01/Bangli Kapten Chb I Nengah Sulendra mengatakan untuk mengingatkan masyarakat maka pihaknya akan lebih intensif melakukan patroli gabungan dengan instansi terkait termasuk dengan pengelola pasar sehingga kegiatan pendisiplinan bisa efektif dan efisien.

“Kita ingin kegiatan pendisiplinan masyarakat ini dilaksanakan secara kontinyu dengan melibatkan aparat lintas sektoral sehingga masyarakat benar-benar disiplin menerapkannya dan mata rantai penyebaran Covid-19 dapat diputus,” sebutnya.

Pada Minggu (5/7/2020) kegiatan serupa dilaksanakan di Pasar Tradisional Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku. Babinsa Peninjoan Serda I Made Suarnika melaksanakan kegiatan pendisiplinan kepada pedagang dan pengunjung pasar.

Sementara itu di destinasi wisata (DTW) Penelokan, Kecamatan Kintamani, Danramil 1626-04/Kintamani Kapten Inf. I Gusti Ngurah Putra beserta Kanit Bimas Polsek Kintamani Iptu I Wayan Wista dan Security Obyek Wisata Penelokan I Wayan Widiasa memonitor dan mengawasi kegiatan masyarakat yang ramai melakukan kunjungan wisata.

Secara umum permasalahan menonjol yang ditemukan, yaitu masih banyak warga yang belum disiplin mematuhi protokol kesehatan dalam situasi pandemi Covid-19.

“Kita memang harus lebih intensif lagi bersama semua aparat terkait untuk melakukan pengawasan, sehingga perlahan masyarakat akan menyadari pentingnya protokol kesehatan demi keselamatan dan kenyamanan kita semua serta mengingatkan pandemi Covid-19 sampai saat ini belum menunjukan mereda,” jelas Kapten Inf I Gusti Ngurah Putra. (dar/bpn)