Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Di tengah pandemi Covid-19 Kodim 1610/Klungkung menyadari perlu memberdayakan masyarakat mandiri dan sejahtera, tidak sekadar kebersamaan, namun lebih kepada ikatan emosional yang kuat antara TNI dan rakyat.

Terkait hal tersebut, Staf Teritorial Kodim 1610/Klungkung menggelar bakti sosial untuk masyarakat di Sekretariat Kelompok Tani Ternak Satwa Winangun, Banjar Tusan, Desa Tangkas, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Selasa (14/7/2020). Kegiatan tersebut mengambil tema “Peran TNI Mewujudkan, Memberdayakan Masyarakat yang Mandiri dan Sejahtera”.

Ketua Kelompok Tani Ternak Satwa Winangun, I Nengah Sudarma menyampaikan kelompok tani tersebut telah berdiri sejak 2005 silam. Tujuannya untuk menampung para pekerja yang dulunya sebagai penambang pasir galian C yang saat itu dinyatakan ditutup oleh pemerintah daerah.

“Walaupun hasilnya tidak sebanyak dari menambang pasir, tetapi alih profesi sebagai peternak sapi yang digeluti dengan ulet dan profesional sudah tentu cukup menjanjikan,” tuturnya.

Baca Juga :  DPRD Bali Rekomendasikan Langkah Strategis untuk Kemajuan Bali

Ditambahkannya, Kelompok Tani Ternak Satwa Winangun tercatat sudah beberapa kali menerima kunjungan dari para pejabat untuk melihat keberadaan kelompok ini.

Kasdim Mayor Inf Hari Sulasto seizin Dandim 1610/Klungkung Letkol Czi Paulus Joni Simbolon, S.E., M.Tr.(Han) menyampaikan terima kasih kepada masyarakat kelompok tani ternak tersebut.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membuka komunikasi dengan masyarakat serta mewujudkan peran TNI dalam memberdayakan masyarakat yang mandiri dan sejahtera,” ungkapnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyuluhan dan tanya jawab dari pembina Kelompok Tani Ternak Satwa Winagun dengan memberikan beberapa pembekalan tentang cara bertenak sapi yang benar, pengenalan beberapa jenis sapi yang ada di Indonesia serta jenis-jenis penyakit yang berbahaya.

Baca Juga :  Ucap Syukur, DPD Gerindra Bali Melakukan Persembahyangan ke Pura Batur dan Besakih

Usai pembekalan secara teori, dilaksanakan juga praktek cara penanganan atau pemeliharaan sapi dalam kandang.

Turut hadir Pasi Ter Kodim 1610/Klungkung Kapten Inf I Nyoman Tunggu, Pembina Kelompok Tani Ternak Satwa Winangun Ketut Darmawan, Anggota Kodim 1610/Klungkung dan Kelompok Tani Ternak sejumlah 20 orang. (dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News