Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Salah satu komponen yang penting di setiap kerja mesin kendaraan bermotor adalah oli yang mana fungsinya tidak hanya sekedar sebagai pelumas, oli memiliki fungsi penting dalam mengurangi gesekan yang terdapat dalam mesin, sebagai pendingin dan mampu menyerap panas untuk dikeluarkan dari mesin, juga mampu mencegah korosi atau karat, serta menjaga kebersihan mesin dari kotoran atau butiran logam (debu metalik/gram).

Sebagai alat transportasi sehari-hari, sepeda motor juga memiliki perawatan berkala untuk menjaga keawetan mesin, namun terkadang pemilik kendaraan sedikit mengabaikan untuk urusan servis ataupun hanya ganti oli.

Beberapa pemilik kendaraan baru menyadari disaat kendaraannya sudah mengalami masalah yang diakibatkan karena oli berkurang atau bahkan sampai habis. Hal ini tentu saja menggangu pemilik kendaraan karena dapat mengurangi kinerja mesin dan suara mesin akan lebih kasar.

Selain itu, jarang mengganti oli bisa menyebabkan mesin kepanasan atau overheating, boros BBM, menurunnya kinerja mesin, bahkan bisa mengakibatkan komponen mesin lainnya ikut rusak. Berikut beberapa penyebab oli motor cepat habis, diantaranya :

  1. Seal oli bocor. Pengisian oli yang melebihi kapasitas dan umur dari seal oil akan menyebabkan oil rembes dan terbakar di ruang pembakaran.
  2. Jarang ganti oli. Oli yang dipakai dalam jangka waktu yang lama, volumenya perlahan akan berkurang dikarenakan penguapan ketika oli dibawah batas minimal.
  3. Pemakaian tidak normal. Mengendarai kendaraan secara ugal-ugalan membuat putaran mesin tinggi yang tidak terkontrol, akibatya mesin cepat panas dan membuat oli cepat menguap.
  4. Kekentalan oli tidak sesuai spek mesin. Oli yang tidak sesuai dengan rekomendasi akan menyebabkantarikan motor menjadi lebih berat.
  5. Piston dan Ring Piston aus. Ring piston yang aus menjadi kendur dan udara akan masuk ke ruang oli, dan menyebabkan turunnya tekanan kompresi mesin.
Baca Juga :  Bali Akan Jadi Tuan Rumah Rakornas Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme

Tehnical Service Supervisor Astra Motor Bali, Putu Hendra Sagita mengatakan melakukan perawatan terhadap kendaraan bermotor adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh pemiliknya. Dengan perawatan yang rutin tentu saja membuat motor menjadi prima dan pemiliknya merasa nyaman dalam berkendara serta motor bisa berumur lebih panjang.

“Salah satu perawatan berkala yang mesti rajin dilakukan adalah mengganti oli secara rutin, disamping dapat menjaga performa dan kinerja mesin, penggantian secara rutin juga adalah salah satu cara merawat motor agar berumur lebih panjang. Rentang penggantian oli umumnya dilakukan pada saat kendaraan sudah mencapai jarak tempuh 2000 – 4000 Km atau setiap 2 bulan sekali apabila motor jarang dipakai jalan. Lakukan penggantian lebih rutin apabila motor digunakan dengan mobilitas yang tinggi dan berat atau sering melewati jalanan yang sangat berdebu,” ungkap Hendra.

Saat ini, untuk masalah perawatan sepeda motor khususnya Honda, AHASS seluruh Bali telah menawarkan perawatan berkala dengan menggunakan layanan istimewa, diantaranya :

  1. Motorku X merupakan layanan terbaru untuk melakukan booking service secara online sangat mudah dan praktis tanpa harus mengantri terlalu lama dan banyak hadiah yang di berikan dengan periode program yang telah ditentukan.
  2. SRUPUT ASIK (Service Jemput Tanpa Kontak Fisik) yaitu layanan Motor akan dijemput dan diantarkan kembali dalam kondisi prima, aman dan Steril
  3. HONDA CARE layanan road emergency dan customer assistance yang dapat digunakan konsumen apabila mengalami masalah motor mogok dijalan atau dimanapun berada, cukup hubungi 0361-438008.(r/bpn)