Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Serangkaian Hari Bhayangkara ke-74, RS Bhayangkara Denpasar menggelar Drive Thru Rapid Test gratis serta bakti sosial berupa pelayanan kesehatan dan pembagian sembako kepada masyarakat bertempat di basement RS Bhayangkara Denpasar, Jumat (26/6/2020). Pelaksanaan kegiatan ditinjau langsung oleh Dirreskrimum Polda Bali Kombes Pol. Dodi Rahmawan, SIK, MH selaku Ketua Panitia Hari Bhayangkara ke-74 didampingi Karumkit Bhayangkara Denpasar Pembina dr. Ni Made Murtini, MARS.

Baca Juga :  Sang Gede Sukawiyasa Resmi Jabat Kepala BNN Kota Denpasar

Drive Thru Rapid Test ditujukan bagi masyarakat umum yang melintas di sekitar RS Bhayangkara Denpasar. “Selain Rapid Test, kami juga memberikan pelayanan kesehatan berupa pengukuran tekanan darah, serta membagikan paket vitamin penambah daya tahan tubuh secara gratis kepada anggota Polri maupun masyarakat umum,” ujar dr. Ni Made Murtini, MARS.

Melalui Rapid Test tersebut, dr. Murtini berharap masyarakat bisa melakukan deteksi dini sekaligus pencegahan penyebaran wabah Covid-19. “Untuk hasil tes ini, kami berkoordinasi dengan Gugus Tugas Provinsi Bali maupun kabupaten,” jelasnya sembari menyebut bakti sosial ini juga bekerja sama dengan pihak desa adat setempat.

Secara keseluruhan Rapid Test diikuti sebanyak 135 orang dan semuanya menunjukkan hasil non-reaktif (NR). Seorang pedagang kerupuk keliling, Sitro (80) dari Banjar Lumintang, Denpasar juga berkesempatan mengikuti Rapid Test ini dan dirinya mengaku senang. “Saya berterima kasih kepada pihak Rumah Sakit Bhayangkara karena sudah memberikan kesempatan ikut Rapid Test gratis ini,” ucapnya sembari menerima bantuan sembako.

Menyambut new normal, dr. Murtini mengajak masyarakat untuk melakukan adaptasi kebiasaan baru dengan menerapkan protokol kesehatan. “Menggunakan masker, cuci tangan, pola hidup bersih dan sehat, makan sehat, istirahat cukup, minum vitamin, jaga jarak, dan menghindari kerumunan. Protokol kesehatan ini harus disiplin dilaksanakan di mana pun kita berada agar kita tetap produktif di masa pandemi,” tegasnya.

Bakti sosial yang mengusung tema “Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif” berlangsung tertib dengan berpatokan pada protokol Covid-19. Petugas Kesehatan yang melakukan pengecekan pun menggunakan alat perlindungan diri (APD) lengkap.  Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan sembako secara langsung ke rumah-rumah dengan sasaran masyarakat kurang mampu di wilayah Denpasar, Tabanan, Gianyar, Klungkung dan Karangasem. (dar/bpn)