Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wartawan atau jurnalis harus mampu menjadi investigative journalism. Apalagi, saat sekarang banyak yang menyemburkan berita tidak benar tetapi dianggap benar. Padahal, berita itu harus dibuat sesuai dengan penelusuran yang benar, seperti halnya di dalam tugas kepolisian ada tahap penyelidikan dan penyidikan. Namun diakui jurnalis di Bali sudah menerapkan hal tersebut.

Baca Juga :  Prof. Budi Santoso Pimpin AIPKI 2022-2025

Demikian disampaikan Kapolda Bali, Irjen Pol. Dr. Drs. Petrus Reinhard Golose, MM ketika meresmikan Press Room Ghoshal Bidhumas Polda Bali bertempat di Mapolda Bali, Jl. WR. Supratman, Denpasar, Kamis (25/6/2020).

Kapolda menyampaikan saat ini Polda Bali memiliki ruang wartawan yang representatif, seiring dilakukannnya proses restorasi dan modernisasi gedung Polda Bali termasuk ruang wartawan.

“Kali ini, rekan-rekan wartawan sudah mempunyai ruangan yang representatif, anda sebagai pembawa pesan dan memberi kabar yang baik, mari bersama-sama membangun suasana journalism, kewartawanan, dan penyampaian berita kepada masyarakat Bali yang tentunya diharapkan bisa menjadi tolok ukur penyampaian informasi yang akurat, mencerdaskan bangsa, membela rakyat, serta meredakan ketegangan terutama di kala situasi Covid-19 saat ini,” ujar Kapolda.

Kapolda juga menyampaikan terima kasih kepada wartawan Bali yang turut mengangkat dan membawa citra kepolisian khususnya Polda Bali di depan mata rakyat Bali. “Penyampaian berita yang anda sampaikan membuat tingkat kepercayaan rakyat kepada Polda Bali tertinggi dibandingkan institusi lainnya di Bali,” ucapnya.

Kepercayaan tersebut, menurut Kapolda, bisa didapatkan berkat wartawan atau jurnalis sebagai pembawa pesan/berita dan bisa meyakinkan masyarakat Bali. Capaian ini juga sebagai kerjasama atau simbiosis yang baik antara Polda sebagai pengayom, pengaman dan penegak hukum dengan jurnalis atau wartawan yang selalu mendukung Polda Bali.

Kepada para pemimpin redaksi, Kapolda menyampaikan terima kasih karena secara bersama ikut menjaga keberadaan pemerintahan di Bali. “Koreksi kami jika salah dan beritakan juga hal yang positif dan terstruktur yang tujuannya sama dengan etika profesi wartawan. Sekali lagi saya atas nama institusi mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para wartawan di Bali,” kata Kapolda Petrus Reinhard Golose.

Kapolda berharap dengan dipakainya ruangan press room ini nanti agar para jurnalis dapat menyuarakan atau menceritakan hal-hal yang membangun keberadaan baru dengan situasi sekarang yang disebut new normal.

“Tidak hanya sampai new normal tapi beritakan juga suasana yang kita sebut next normal. Sesudah kita terbiasa dengan budaya baru seperti pakai masker, cuci tangan, jaga jarak dan menghindari crowd (kerumunan) maka kita siapkan juga bagaimana menghadapi setelah vaksin ditemukan. Bukan hanya tugas dari gugus tugas dan TNI/Polri tapi tugas kita dan jurnalis untuk memberitakan bagaimana kita menyiapkan diri untuk menyambut next normal atau after new normal,” pungkasnya.

Usai memberikan sambutan, Kapolda Bali, Irjen Pol Petrus Reinhard Golose melakukan pemotongan tumpeng dan meninjau Press Room Ghoshal Bidhumas Polda Bali. (dar/bpn)