Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Jelang akan ditutupnya Pasar Umum Galiran pada 22-24 Juni 2020, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Sekretaris Daerah I Gede Putu Winastra mengadakan sosialisasi kepada para pedagang, tukang suwun (junjung), dan pembeli di Pasar Umum Galiran, Sabtu (20/6/2020).

Baca Juga :  Ucap Syukur, DPD Gerindra Bali Melakukan Persembahyangan ke Pura Batur dan Besakih

“Keputusan untuk menutup Pasar Umum Galiran kami ambil sebagai langkah untuk memutus penyebaran Covid-19, dimana belakangan ini cenderung mengalami peningkatan yang pesat,” ujar Bupati Suwirta.

Sebelum penutupan pasar, pihaknya mengimbau para pedagang agar membatasi stok barang yang cepat rusak sehingga dapat meminimalkan kerugian. Ketika pasar tutup, semua lorong pasar akan disemprot petugas dengan air untuk membersihkan debu dan kotoran, kemudian disemprot dengan disinfektan untuk menghilangkan virus. Untuk itu para pedagang diimbau menaruh barang di tempat yang sudah disediakan guna meminimalkan kontak fisik ketika melakukan transaksi jual beli pada saat pasar dibuka kembali nantinya. Saat pasar dibuka kembali pada 25 Juni 2020, jam buka pasar akan menjadi 12 jam, yakni pukul 06.00 – 18.00 Wita.

“Mari bersama-sama melaksanakan imbauan dari pemerintah, yakinlah pemerintah pasti berusaha melakukan yang terbaik,” tegas Bupati Suwirta.

Selama pasar ditutup, para pedagang dan tukang suwun akan mengikuti Rapid Test berlokasi di Terminal Galiran. Bupati Suwirta mengharapkan agar seluruh pedagang dan tukang suwun bisa mengikuti tes tersebut, karena hasil tes akan digunakan sebagai syarat dasar para pedagang dan tukang suwun dapat kembali melakukan aktivitas jual beli di Pasar Galiran. Selain itu juga diimbau untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan pencegahan pandemi Covid-19.

“Pedagang dan tukang suwun wajib mengikuti Rapid, agar ketika pasar dibuka semuanya dalam keadaan bersih dari Covid-19 dan apabila pedagang dan tukang suwun mengalami flu, pilek, dan panas agar jangan dulu beraktivitas di pasar,” tegasnya.

Setelah sosialisasi Bupati Suwirta meninjau kelengkapan sarana prasarana pasar terkait protokol kesehatan pandemi Covid-19 yang akan digunakan pada saat pasar dibuka kembali.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Kabupaten Klungkung Wayan Ardiasa dan Kepala UPT Pasar Komang Sugianta. (dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News