Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kendaraan secara umum harus memiliki sistem keamanan dan keselamatan, salah satu aspek pengamanan itu adalah sistem pengereman. Sistem pengereman adalah perangkat mekanis pada kendaraan yang digunakan untuk menurunkan laju kendaraan secara praktis untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas. Dalam aplikasinya, sistem rem itu memiliki beberapa tipe yang dikhususkan untuk kendaraan yang berbeda.

Baca Juga :  Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Terlengkap dan Terbesar di Kota Kudus

Terkadang saat lagi asyik berkendara tiba-tiba ada orang nyeberang mendadak di jalan atau mungkin kendaraan di depan tiba-tiba berhenti lalu pengendara kaget terus menekan rem motor sekuat kuatnya agar motor kendaraannya berhenti seketika.

Itu adalah tindakan yang justru dapat membahayakan diri sendiri, karena justru bisa terpental atau motor terpleset di jalan, tentu hal tersebut sesuatu yang tidak kita inginkan bukan?

Saat ini untuk menambah keselamatan pengendara dijalan, produsen kendaraan sepeda motor Honda berusaha meminimalisir kecelakaan di jalan dengan menyematkan fitur safety di unit produksinya, salah satunya adalah fitur keselamatan pada sistem pengereman. Fitur ini pada unit produksinya dibedakan menjadi 2 model apa saja itu, yuk disimak!

CBS (Combi Brake System)

CBS atau sistem pengereman kombinasi adalah sistem pengereman yang menggabungkan pengereman rem depan dan belakang, dimana mekanisme kerjanya adalah Ketika rem belakang ditekan kuat, maka secara otomatis rem depan juga ikut bekerja melakukan pengereman, sehingga jarak perlambatan kendaraan menjadi berkurang, sebagai contoh ketika kamu mengerem mendadak hanya dengan rem belakang saja kendaraanmu baru berhenti pada jarak 100 meter. Dengan menggunakan sistem CBS kendaraanmu dapat berhenti pada jarak 50 meter, ini contoh saja loh ya biar kamu dapat membayangkannya.

ABS (Anti-lock Braking System)

Rem yang ditekan terlalu kuat dapat menyebabkan roda menjadi terkunci dan kendaraan menjadi sulit dikendalikan, hal ini memungkinkan kendaraan menjadi terpleset atau slip , apalagi kondisi jalan berpasir atau licin karena basah, fitur ABS dari sepeda motor Honda ini dapat mencegah roda menjadi terkunci dengan cara mengatur secara otomatis pengereman melalui proses melepas-menekan sistem rem dengan sangat cepat ,sehingga pada saat pengemudi mengerem mendadak ,kendaraan masih dapat dikendalikan dan roda tidak terkunci sehingga terhindar dari kecelakaan.

Semua fitur keamanan terpasang pada kendaraan tujuannya adalah untuk mencegah kita agar dapat terhindar dari kecelakaan, sikap yang Dewasa saat berkendara dan menaati peraturan lalu lintas adalah hal yang paling utama, jadi tetapkan utamakan keselamatan dijalan dan berkendaralah dengan Aman.

“Diharapkan juga untuk selalu tetap melakukan pemeriksaan dan perawatan terhadap Fitur safety yang sudah disematkan sehingga kendaraan selalu aman dibawa setiap saat,” Putu Hendra Sagita selaku Tehnical Service supervisor.(r/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News