Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sosialisasi berkaitan pencegahan penularan Covid-19 melalui transmisi lokal makin gencar dilakukan. Seperti berlangsung di Pasar Anyar Sari, lingkungan Umaklungkung, Desa Padangsambian Kaja, Denpasar, Selasa (2/6/2020).

Baca Juga :  SMP Sapta Andika Denpasar Buka Pendaftaran Peserta Didik Baru dengan Semangat Inovasi Digital

Kegiatan ini digelar oleh Korem 163/Wira Satya dengan melibatkan unsur Kodim 1611/Badung. Menariknya, sosialisasi dikemas dengan kesenian Bondres. Dua seniman Bondres yang merupakan Babinsa Jajaran Kodim 1611/Badung, yang juga seniman topeng dilibatkan untuk mengimbau masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Selain cara itu, para pedagang dan masyarakat di pasar juga dibagikan masker dan brosur tentang protokol kesehatan.

Kepala Penerangan Korem 163/ Wira Satya, Mayor Arm Ida Bagus Putu Sukertia, S.S., menyebutkan, sosialisasi model ini diyakini efektif untuk menyampaikan pesan kepada warga masyarakat.

“Hampir semua Kodim punya talenta seni, salah satunya kesenian Topeng ataupun Arja. Potensi seni ini kita manfaatkan untuk melakukan sosialisasi, karena mudah memahami pesan yang disampaikan”, terangnya usai sosialisasi.

Kata dia, sosialisasi model ini juga diterapkan di Jajaran Kodim dan Koramil lainnya. Upaya ini dalam rangka mendukung gerakan pemerintah untuk mencegah penularan Covid-19.

“Sosialisasi secara serentak dimulai sejak 31 Mei lalu dan akan kami lakukan secara berkala. Interval waktunya akan ditentukan kesiapan masing-masing Kodim,” ungkapnya.

Kepala Pasar Anyar Sari, Nyoman Darti Sudirja berterima kasih atas dukungan sosialisasi dari Korem 163/Wira Satya. Selama pandemi Covid-19, pihaknya juga telah menerapkan protokol kesehatan di pasar.

“Pedagang dan masyarakat yang masuk pasar harus pakai masker. Kami siapkan tempat cuci tangan yang ditempatkan di 13 titik,” ungkapnya.

Dia juga sepakat bahwa gerakan sosialisasi dengan media seni akan lebih efektif. Selain menyampaikan pesan, aksi ini juga menjadi hiburan bagi masyarakat dan pedagang di masa pandemi Covid-19. Untuk itu, ia berharap agar sinergi ini dapat berkelanjutan dalam menjaga kondusifitas keamanaan di lingkungan pasar. (dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News