Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Tercatat ada 17.844 warga di Kabupaten Tabanan yang terdampak Covid-19, menerima cadangan beras pemerintah (CBP). Penyerahan CBP tersebut dilakukan secara simbolis oleh Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti kepada para camat, di Wantilan Pura Luhur Batukau, Wangaya Gede, Penebel, Minggu (21/6/2020).

Selain itu, ada pula bantuan dari Dompet Peduli Covid-19 Tabanan, yakni berupa 170 paket sembako kepada 170 pemangku dan 200 buah masker kain dari Yayasan Ekalawya. Dari donatur juga ada yang meberikan bantuan empat buah tempat cuci tangan untuk di Pura Luhur Batukau.

Baca Juga :  Srikandi PLN Beraksi Lagi Berdayakan Perempuan–perempuan Tulang Punggung Keluarga di Tabanan

Bantuan tersebut, kata Bupati Eka, tidak bisa dilakukan secara gegabah, dan harus benar-benar tepat sasaran, yakni kepada masyarakat kurang mampu yang belum mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah.

“Pemkab Tabanan harus menilai terlebih dahulu, agar bantuan ini tepat sasaran. Astungkara, beras cadangan ini tepat sasaran, dan selanjutnya setiap dua bulan sekali bisa dilakukan pembagian beras cadangan ini,” ujarnya.

Dia juga mengingatkan kepada jajarannya agar memdistribusikan cadangan beras ini dengan sebaik-baiknya, yakni sesuai dengan administrasi, dan sesuai dengan data KK penerima. “Penyaluran bantuan ini agar tertib, dilakukan kepada orang yang benar dan administrasi juga benar, serta tidak ada yang main-main dengan bantuan ini,” imbuhnya.

Sementara Kadis Sosial Tabanan I Nyoman Gede Gunawan, dalam laporannya mengatakan, pendistribusian CBP di Kabupaten Tabanan sesuai data ada sekitar 85 ton cadangan beras, yang terserap untuk 17.844 KK di seluruh kecamatan di Kabupaten Tabanan.

Baca Juga :  Wujudkan Transparansi dan Akuntabilitas Lebih Baik, Pemkab Tabanan Hadiri Kegiatan Rencana Aksi atas Pemeriksaan LKPD Tahun 2023

“Untuk bantuan sosial tunai sudah didrop secara bertahap, dan telah menyasar 17.602 warga di Tabanan. Untuk program sembako, termasuk hari ini, sudah menyasar hampir 17.986 warga,” ujarnya.

Tekait cadangan beras tersebut, katanya, Tabanan setiap tahun diberikan 100 ton oleh pemerintah. “Hari ini kami distribusikan hamper kepada 17.844 KK dari 70.972 warga di Tabanan. Kalau dijumlahkan hampir 85 ton,” imbuh Gunawan. (ita/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News