Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wilayah Kabupaten Buleleng, Bali diguncang gempa bumi tektonik, Rabu (27/5/2020) sekitar pukul 11.52 Wita. Hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 4,4. Episenter terletak pada koordinat 8,23 LS dan 114,95 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 20 km barat daya Buleleng pada kedalaman 10 km.

Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, Drs. M. Taufik Gunawan, Dipl SEIS menyampaikan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar Seririt. “Hasil analisis mekanisme sumber menunjukan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme naik dengan kombinasi geser,” ungkap Taufik.

Baca Juga :  Ribuan Pegawai Pemkab Buleleng Elukan Pj Bupati Lihadnyana

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan yang dirasakan di wilayah Buleleng sebesar III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu), sedangkan di wilayah Denpasar, Badung, dan Tabanan sebesar II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). “Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” tegasnya.

Hingga pukul 12.15 Wita, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. “Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” tutup Taufik. (dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News