Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Aiptu I Ketut Sudilaksana adalah satu di antara sekian banyak bhabinkamtibmas yang terbilang mampu melakukan pendekatan dan disegani masyarakat, khususnya di desa binaannya, yaitu Desa Marga, Kecamatan Marga. Seperti yang dilakukan pada Sabtu (9/5/2020), dia tidak mempedulikan panas terik matahari, dengan tenaga yang dimiliki, dia membantu warga saat gotong royong dalam pemasangan paving di jalan desa.

Baca Juga :  Tingkatkan Kemampuan, Personel Polsek Marga Latihan Bela Diri Polri

Saat pengerjaan kegiatan tersebut, Sudilaksana bahu-membahu bersama masyarakat dalam membangun infrastruktur jalan desa tersebut. Jalan pemukiman lingkungan di Banjar Lebah itu dipaving sepanjang 272 meter, dengan pemasangan paving dan pembangunan infrastruktur menggunakan silpa dana desa Tahun Anggaran 2019.

Selain membantu masyarakat dengan bergotong royong, tugas yang diemban bhabinkamtibmas juga wajib ikut serta dalam pengawasan dan pendampingan penggunaan dana desa. Dengan intensif melaksanakan pengawasan, diharapkan agar tidak terjadi penyimpangan yang mengarah terhadap tindak pidana korupsi. “Setidaknya dapat mengurangi potensi penyalahgunaan dana desa,” katanya.

Sementara Kapolsek Marga AKP I Gusti Sudarma Putra S.Sos.S.H., secara terpisah menyampaikan bahwa bhabinkamtibmas juga wajib aktif melaksanakan pengawasan dan pendampingan dana desa, guna meniadakan sekecil apapun penyalahgunaan dana desa.

Baca Juga :  Kapolsek Marga Bersilaturahmi ke Kantor Camat Marga

“Setiap bhabinkamtibmas harus hadir di tengah masyarakat, berbuat dan mermanfaat bagi masyarakat. Begitu juga masyarakat akan merasa nyaman dan terlindungi, sehingga bisa mengetahui keluh-kesah ataupun permasalahan di masyarakat, khususnya mengenai situasi kamtibmas di desa binaan,” ujar Sudarma. (ita/bpn)