Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Berdasarkan pencatatan pada Senin (11/5/2020), jumlah pasien positif Covid-19 di Bali bertambah sebanyak 3 orang, terdiri dari 2 orang PMI dan 1 orang transmisi lokal. Dengan demikian, jumlah kumulatif pasien positif hingga saat ini sebanyak 314 orang.

Baca Juga :  Marak Modus Penipuan dengan File APK Mengancam Warga Bali

“Jumlah pasien yang telah sembuh sejumlah 210 orang, bertambah 6 orang WNI yang terdiri dari 4 orang PMI dan 2 orang Non PMI. Jumlah pasien yang meninggal masih tercatat 4 orang,” ungkap Sekda Bali sekaligus selaku Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Cocid-19 Provinsi Bali, Dewa Made Indra dalam keterangan persnya di Denpasar, Senin (11/5/2020).

Dikatakan, jumlah pasien positif dalam perawatan (kasus aktif) 100 orang yang berada di 10 rumah sakit dan dikarantina (Bapelkesmas dan BPK Pering). Jumlah angka positif di Bali sebagian besar masih didominasi oleh imported case, untuk transmisi lokal sejumlah 119 orang. “Hal ini berarti masih ada masyarakat yang tidak disiplin melakukan upaya-upaya pencegahan Covid-19,” imbuhnya.

Untuk itu pihaknya menegaskan mengingat transmisi lokal Covid-19 memperlihatkan kecenderungan meningkat dalam beberapa hari terakhir, maka diminta kepada seluruh warga masyarakat, para tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh politik, dan semua elemen masyarakat untuk bersatu padu menguatkan disiplin dalam penerapan protokol pencegahan Covid-19, yakni selalu menggunakan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari keramaian, melaksanakan etika batuk/bersin, melakukan penyemprotan disinfektan pada tempat yang tepat, serta menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita.

Baca Juga :  Buka Gendo Law Office Open Karate Championship 2024, Pj. Gubernur Bali Harap Kejuaraan Tumbuhkan Karakter Karateka Sejati 

“Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, kami minta semua elemen masyarakat membantu dan bekerjasama dengan petugas survailans Dinas Kesehatan dalam melaksanakan tracing contact untuk menemukan siapapun yang pernah kontak dekat dengan orang yang positif Covid-19 sehingga kita bisa menangani lebih awal orang-orang yang berisiko terinfeksi Covid-19 guna mencegah penyebaran berikutnya kepada orang lain,” harapnya.(dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News