Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNGAnggota Komisi IV DPR RI AA Bagus Adhi Mahendra Putra bersama Ketua Forum Pelaku Usaha Perikanan(F-Pelukan) mendeklarasikan rumah pangan sehat  dalam rangka menunjang program pemerintah mewujudkan SDM yang unggul bertempat di Jro Amatra, Kerobokan, Badung, Selasa (19/5/2020).

Baca Juga :  Tanly Hospitality Gelar Media Luncheon untuk Rayakan Pembangunan Kompleks Restoran di Bali

Ketua Forum Pelaku Usaha Perikanan (F-Pelukan) Bali, Ketut Adil Darmayasa mengatakan Tingkat konsumsi ikan di masyarakat khususnya kalangan pelajar SD hingga SMA/SMK masih tergolong rendah. Padahal, asupan gizi berupa protein yang terdapat pada ikan sangat dibutuhkan oleh generasi penerus bangsa.  Dalam masa pandemi Covid-19 ini, Ikatan Ahli Gizi menganjurkan untuk memperbanyak konsumsi ikan, utamanya ikan kembung.

Pasalnya, jenis ikan ini memiliki kandungan protein lebih banyak dari ikan salmon. Selain itu rasa ikan kembung juga sangat enak dan harganya terjangkau. Ini adalah solusi cerdas sebagai pengganti ikan salmon yang cenderung cukup mahal. Karena kaya akan protein, ikan kembung sangat baik untuk membantu penyembuhan Covid-19. Hal ini berdasarkan data yang disampaikan Dewan Pembina DPP Ikatan Ahli Gizi Indonesia, Triyani Kresnawan.

Untuk mencapai target nyata terhadap program pemerintah melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan), UMKM sektor perikanan, Forum Pelaku Usaha Perikanan (F-Pelukan) Bali   merasa perlu menghadirkan  program nyata dan berkesinambungan dengan dukungan penuh Dewan Perwakilan Rakyat RI Komisi IV A. A. Adi Mahendra. Tujuannya adalah guna meningkatkan gizi masyarakat terhadap kebutuhan protein.

“Kami dari F-Pelukan Bali tentu tidak bisa berjalan sendiri, kami perlu dukungan semua pihak, diantaranya Pemkot Denpasar, Bupati, Gubernur Bali, Kementerian Kelautan dan Perikanan serta DPR RI Komisi IV. Tentu pihak bank juga kami harap bisa mensupport dalam pembiayaan modal kerja,” ujar Adil Darma Yasa.

Sesuai dengan misi pihaknya berkomitmen, berperan aktif dan serius menjadi garda terdepan dalam membangun sumber daya manusia Bali (human capital) yang sehat, maju dan berdaya saing.

Ditambahkan Adil Darma Yasa, program Rumah Pangan “Gik to Master” (Gemari Ikan Kembung Menuju Masyarakat Sehat dan Pintar) juga mampu secara nyata meningkatkan pertumbuhan UMKM sektor perikanan terutama UKM sektor pemasaran hasil perikanan Bali. Misi lainnya adalah mampu berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi Bali bidang ketahanan pangan terutama sektor perikanan. Selain itu mampu menyerap hasil-hasil produksi dari nelayan lokal Bali yang tersebar di perairan Bali dengan maksud untuk pemberdayaan masyarakat nelayan lokal Bali.

“Dalam konsep Rumah Pangan Sehat (RPS-UKM) tidak hanya menghadirkan produk-produk perikanan tetapi juga mampu menampung hasil-hasil petani yang akan diintegrasikan dalam satu Rumah Pangan Sehat (RPS-UKM), seperti sayur-sayuran dan buah-buahan lokal Bali, “Imbuhnya.

Keberadaan RPS-UKM, ke depan diharapkan bisa meningkatkan kesehatan generasi muda. Secara ekonomi, UMKM sektor perikanan mampu tumbuh dengan baik serta penyerapan hasil produksi nelayan lokal.

Program Rumah Pangan Sehat GIK to Master (RPS-UKM) ini mendapat atensi dan dukungan penuh dari Dandim Denpasar/Badung Kolonel Puguh Binawanto dan Komandan Lanal Benoa Kolonel Laut Ketut Sudiantara karena sangat bersinergi dengan program Bela Negara dan ketahanan.

Baca Juga :  Kenakan Busana Adat, Pj. Ketua Dekranasda Bali Meriahkan Parade Budaya HUT Ke-44 Dekranas

Dalam deklarasi ini tampak hadir pula CEO Pelindo III Regional Banyuwangi Bali Nusra Wayan Eka Saputra yang juga Koordinator Satgas BUMN Antisipsi Covid-19 Provinsi Bali, Dandim 1611/Badung Kolonel Inf Puguh Binawanto.

Hadir pula Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) Ketut Budiantara, Wakil Ketua DPRD Badung Wayan Suyasa yang juga Plt Ketua DPD Golkar Kabupaten Badung serta sejumlah undangan lainnya.(ads/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News