Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Olympus hari ini dengan bangga mengumumkan peluncuran kamera terbaru seri E-M1 Mark III. Meneruskan kesuksesan OM-D E-M1 Mark II dan E-M1X, kamera unggulan ini tampil dengan dorongan kemajuan teknologi dan membawa portabilitas serta kualitas gambar ke dimensi berikutnya.

Sandy  Chandra,  Marketing  & Sales Manager  Olympus  Customer Care Indonesia (OCCI), menyampaikan bahwa keunggulan terbesar sistem kamera Olympus adalah mobilitas yang luar biasa berkat sistem kamera yang ringkas dan ringan, termasuk lensa yang dapat lepas tukar.

“Kamera Olympus E-M1 Mark III yang sangat portabel ini dilengkapi dengan Phase Detection AF On-chip 121 titik yang sama untuk semua jenis seperti model profesional OM-D E-M1 Mark II dan E-M1X, menawarkan autofokus berkecepatan tinggi dengan presisi tinggi di dalam bodi kamera yang ringkas dan ringan,” kata Sandy Chandra, Kamis (2/4/2020).

Dengan sistem stabilisasi gambar yang baru, Olympus OM-D E-M1 Mark III memiliki fitur stabilisasi gambar 5-sumbu yang kompak dan terdepan dalam industri fotografi saat ini. Sistem IS ini bekerja hingga 7,5 stop yang dikemas dalam bodi tahan debu dan tahan percikan air.

Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur pemotretan yang serba guna seperti PRO Capture, mode High Res dengan menggunakan Tripod hingga 80M dan memotret High Res hingga 50M dengan genggaman tangan (handheld). Olympus OM-D E-M1 Mark III adalah kamera berkemampuan besar dalam bodi yang ringkas.

Ucapkan selamat tinggal pada set-up besar dan beraneka peralatan tambahan.Dengan menggabungkan stabilisasi gambar 5-axis dan Olympus Voice Recorder, kamera OM-D E-M1 Mark III mampu merekam video 4K dengan perekaman PCM linier berkualitas tinggi.

Stabilisasi Gambar 5-Axis

Stabilisasi gambar 5-axis paling andal dengan kompensasi shutter speed 7,5 step dengan mesin pengolah gambar terbaru TruePic IX yang mencapai kualitas gambar tinggi dalam bodi yang ringkas dan ringan.

Kamera ini memiliki bodi yang ringkas dan ringan berkat Sistem Micro Four Thirds. Bodi OM-D E-M1 Mark III merupakan paduan magnesium alloy yang kuat dan memiliki desain tahan debu, tahan percikan, dan anti beku yang memungkinkan pemotretan di lokasi dan lingkungan apa pun. Sistem kamera secara keseluruhan, termasuk lensa yang dapat dilepas tukar, mempertahankan mobilitas luar biasa dengan desain yang ringkas dan ringan sembari menawarkan kualitas gambar yang tinggi dan kinerja tinggi yang diharapkan dari model profesional.

Dengan menyinkronkan lensa IS yang didukung dengan body kamera IS 5-sumbu, kamera ini mencapai kompensasi kecepatan rana 7,5 step. Stabilisasi gambar yang mumpuni memungkinkan pemotretan pada kondisi gelap dan selama melakukan teknik fotografi super-telefoto untuk membebaskan gaya memotret di berbagai adegan tanpa menggunakan tripod. Memastikan stabilisasi gambar dengan semua lensa yang terpasang, hingga 7,0 step kecepatan rana dari kinerja kompensasi.

Baca Juga :  The Cakra Hotel Gelar Wedding Showcase ‘Elegance Romantic’, Tawarkan Konsep Pernikahan Impian

Kamera ini memakai mesin pengolah gambar terbaru TruePic IX yang menawarkan 20,37 Megapixel Live MOS sensor. Dikombinasikan dengan kompensasi shutter speed 7,5 step yang terbaik di dunia dan lensa M.Zuiko Digital beresolusi tinggi yang menyajikan noise terendah bahkan pada pengaturan sensitivitas tinggi. Kamera menghasilkan kualitas gambar tinggi di segmen mirrorless camera dengan distorsi minimal sampai dengan area pinggir gambar yang tetap tajam.

Para fotografer bisa membuat foto High Res Shot 50 MP tanpa menggunakan tripod (Handheld). Fitur ini memanfaatkan gerakan minimal yang terjadi di antara masing-masing 16 foto untuk menghasilkan foto 50 megapiksel resolusi tinggi tunggal.Fitur ini sangat berguna untuk menangkap bidikan beresolusi tinggi di lokasi yang tidak mungkin menggunakan tripod.Selain itu, mode Tripod High Res Shot juga tersedia untuk merekam resolusi ultra-tinggi sekitar 80 Megapixel gambar di JPEG.

Kamera ini juga memiliki Live ND, yang sebelumnya populer di seri OM-D E-M1X. Pengguna dapat memilih level efek dari ND2 (satu step) ke ND32 (5 step), dan memeriksa efek rana lambat di jendela bidik sebelum menangkap gambar. Fitur ini menghilangkan kebutuhan untuk mengubah filter ND optik untuk adegan dan lensa yang berbeda dan efektif untuk lensa yang sulit untuk memasang filter optik.

Bodi OM-D E-M1 Mark III merupakan paduan magnesium alloy yang memiliki desain tahan debu, tahan percikan air, dan anti beku.Model ini juga dilengkapi dengan SSWF (Super Sonic Wave Filter), yang menggetarkan filter sensor gambar pada kecepatan sangat tinggi 30.000 kali per detik untuk menghilangkan debu dan kotoran dengan kuat.Lapisan baru dari OM-D E-M1X juga digunakan pada model ini, membuatnya semakin sulit bagi debu dan kotoran untuk menempel pada sensor gambar, mengurangi bintik-bintik pada gambar hingga 1/10 dari yang ada pada model konvensional. Dengan ketangguhan tersebut, memungkinkan pemotretan di lokasi dan kondisi lingkungan apa pun. Mobilitas luar biasa dengan desain yang ringkas dan ringan, kamera ini menawarkan kualitas gambar yang tinggi dan kinerja tinggi.

Baterai Lithium-ion BLH-1 dapat terisi penuh hanya dalam dua jam saat dimasukkan ke dalam kamera dan dihubungkan ke sumber daya melalui USB.Model ini juga kompatibel dengan standar USB PD (USB Power Delivery) untuk kompatibilitas powerbank. Sehingga memungkinkan untuk memotret untuk jangka waktu yang lama, terutama nyaman untuk astrophotography atau memotret di tempat yang dingin.

Baca Juga :  ITDC Pertahankan Sertifikasi SNI ISO 37001:2016

Model ini dilengkapi dengan shutter unit dengan daya tahan tinggi yang mencapai 400.000 dengan uji operasi.Ia menawarkan tingkat keandalan yang tinggi sehingga bahkan fotografer profesional yang terus-menerus menggunakan rana dapat merasa nyaman.

PDAF 121 titik

Kamera ini dilengkapi dengan sensor Phase Detection Auto Focus (PDAF) On-chip 121 titik  untuk fokus pada berbagai area layar. Menawarkan 75% cakupan vertikal dan 80% cakupan horizontal layar untuk area pemfokusan yang luas.Dipasangkan dengan algoritma AF canggih, fitur ini dapat terus fokus pada subjek yang bergerak cepat dengan tingkat presisi yang tinggi.

Tidak seperti kamera DSLR, pada kamera ini tidak ada penurunan dalam presisi AF saat menggunakan lensa cepat.Olympus OM-D E-M1 Mark III menawarkan pemfokusan presisi tinggi yang cukup mampu mengeluarkan kemampuan, bahkan dari lensa berdiameter besar seperti lensa dengan aperture maksimum f / 1.2. Pelacakan AF / AE dimungkinkan pada pemotretan berurutan kecepatan tinggi maksimum 18 fps dengan tetap mempertahankan jumlah piksel penuh 20,37 Megapiksel. Subjek juga dapat dilihat melalui jendela bidik selama pemotretan berurutan kecepatan tinggi untuk pelacakan yang akurat.

Multi Selector AF

Kamera ini memiliki fitur Multi-selektor yang memungkinkan fotografer untuk menggeser area AF memakai ibu jari dengan cepat saat melihat melalui jendela bidik. Karena pengguna dapat memindahkan area AF dengan multi-selektor bahkan selama menggunakan mode pemotretan berurutan, memungkinkan untuk fokus secara akurat bahkan pada subjek yang bergerak tidak menentu.Pengaturan loop target AF juga ditambahkan, yang dapat dipilih oleh pengguna untuk menghentikan target AF di tepi layar atau memindahkannya ke tepi yang berlawanan.

Starry Sky AF

Hal baru di OM-D E-M1 Mark III adalah terdapatnya Starry Sky AF. Ini adalah fitur yang akan merevolusi dunia astrofotografi. Di masa lalu, fotografer hanya mengandalkan fokus manual. Algoritma baru dikembangkan untuk memungkinkan fokus yang akurat bahkan pada bintang terkecil yang bersinar di langit malam, memungkinkan fokus otomatis dengan ketepatan sangat tinggi yang mengagumkan bahkan di antara para astrofotografer profesional.  Ada dua mode di Starry Sky AF.Mode Prioritas Kecepatan (pengaturan default), yang memprioritaskan kecepatan pemfokusan dan menyelesaikan operasi AF dalam waktu singkat.Berkat stabilisasi gambar yang kuat, fitur ini memungkinkan pemotretan astrofotografi tanpa tripod menggunakan lensa sudut lebar. Accuracy Priority menggunakan pemindaian fokus yang disetel dengan baik dan efektif untuk memotret bintang tertentu dengan lensa tele foto jarak jauh

Advanced Face Priority / Eye Priority AF

Fitur andalan lainnya adalah FacePriority / EyePriority AF.Fitur yang saat ini lebih maju secara otomatis dapat mendeteksi dan berfokus pada wajah dan mata orang. Mesin pengolah TruePic IX memiliki kemampuan pemrosesan yang lebih tinggi dan algoritma AF yang ditingkatkan.  Prosesor gambar yang baru ini memiliki peningkatan dramatis dalam kinerja deteksi untuk wajah dan mata kecil.Juga menjaga pemfokusan yang stabil pada subjek bahkan dalam adegan di mana deteksi wajah sulit di masa lalu, seperti sisi wajah.Sekarang pengguna dapat menggunakan tombol atau layar sentuh untuk memilih wajah saat mengambil gambar diam atau video, dan deteksi aktif atau nonaktif dapat diubah dengan sentuhan satu tombol.

Baca Juga :  40 Persen Omzet dari Ekspor, UMKM Pekalongan Ungkap Strategi Tembus Ekspor bersama Shopee

 

Pro Capture Mode

Kamera ini memiliki Mode Pro Capture untuk menangkap momen sepersekian detik.Mode Pro Capture memungkinkan untuk merekam adegan yang sulit ditangkap karena kecepatan reaksi subjek atau jeda waktu pengoperasian kamera. Perekaman dimulai pada rilis rana pertama dan hingga 35 frame direkam secara retroaktif dari titik rilis rana ke-2. Karena tidak ada blackout di LCD selama pemotretan, dimungkinkan untuk mengawasi pergerakan subjek sambil menekan tombol rana.Pemotretan ini juga didukung dengan RAW.

Selanjutnya, ada Mode B yang sekarang tersedia pada pemutar mode pemotretan untuk akses mudah ke Live Composite.Fitur ini hanya menambahkan gabungan bagian-bagian di mana kecerahan telah berubah selama pemotretan dengan eksposur lama. Fitur ini memungkinkan untuk memeriksa status eksposur di Live View secara real-time. Live Composite juga mendukung pemotretan hingga enam jam. Dengan mode B ditambahkan ke tombol mode pemotretan, Live Composite, Live Bulb, dan Live Time sekarang lebih mudah untuk diakses dan dikonfigurasikan.

Bagi para filmmaker atau membuat konten vlog, kamera OM-D E-M1 Mark III memungkinkan pengambilan gambar 4K / C4K dengan stabilisasi gambar yang kuat. Kamera ini dilengkapi dengan mode IS yang dirancang khusus untuk perekaman video. Stabilisasi elektronik yang dikombinasikan dengan in-body 5-axis menghasilkan stabilisasi gambar yang mumpuni dalam perekaman video. Memberikan tingkat kinerja yang tinggi untuk pembuatan konten video handheld tanpa menggunakan tripod atau perangkat stabilisasi lainnya seperti gimbal.Bahkan ketika perekaman video dalam format resolusi tinggi, yang rentan terhadap efek guncangan kamera sekalipun, seperti 4K atau Cinema 4K (C4K).

Log shooting for color grading

Model ini mendukung pemotretan OM-Log400, yang memungkinkan pemotretan tanpa kehilangan detail dalam bayangan dan sorotan, bersama dengan gradasi warna untuk tingkat kebebasan tinggi atas gambar.Untuk membuat gambar Live View lebih terlihat, fungsi View Assist mengubah gamut warna menjadi standar Full HD BT.709 yang setara untuk tampilan.(ysf/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News