Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Perkembangan Virus Corona (Covid-19) di Bali mengalami tpeningkatan. Di mana pada Senin (6/4/2020) dari catatan petugas medis, Pasien Dalam Pengawasan betambah 11 orang, sehingga komulatif sebanyak 199 orang.

“11 PDP ini terdiri dari 2 WNA dan 9 WNI. Di mana 9 WNI ini terdiri dari 6 orang yang datang dari perjalanan luar negeri, 2 orang baru pulang dari Jakarta, dan satu orang kontak lokal,” kata Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali, Dewa Made Indra.

Baca Juga :  Wagub Cok Ace Sambut Baik Partisipasi UNUD Mengedukasi Warga Terkait Covid-19

Sementara untuk kasus positif komulatif menjadi 43 orang. “Ada tambahan positif 8 WNI yang terdiri dari 6 orang imported case, artinya terjangkit dari luar negeri dan begitu pulang diambil PCR dan hailnya positif, sedangkan 2 orang lainnya adalah transmisi lokal, yakni perpindahan virus dari pasien positif ke orang lain atau menginfeksi orang lain,” jelas Dewa Indra yang juga Sekda Bali ini.

Sedangkan terkait pasien positif yang sembuh, Dewa Indra mengatakan bahwa Senin kemarin ada tambahan satu orang yang sembuh, sehingga komulatif yang sembuh sebanyak 19 orang.

Baca Juga :  Bupati Giri Prasta Pastikan Kesiapan Badung Menyambut "Open Borders" Juli Mendatang

“Untuk yang sembuh sudah diperbolehkan pulang dan kembali di-Rapid Tes di hari ke delapan,” ungakapnya.

Dewa Indra menambahkan, hal yang terpenting dan menjadi catatan sebagai kewaspadaan adalah adanya transmisi lokal. Artinya orang positif menginfeksi orang terdekat atau yang mengalami kontak dekat/jarak dekat.

“Adanya transmisi lokal ini, karena tidak menerapkan arahan pemerintah, yakni tidak menggunakan masker, tidak melakukan cuci tangan dengan sabun di air mengalir, tidak menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PSPB), akibatnya dua orang ini terinfeksi,” pungkasnya. (pus/bpn)