BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – BRSU Tabanan kembali merawat tiga pasien di ruang isolasi Zal Cempaka. Dua di antaraya adalah pasien dalam pengawasan (PDP), dan satu lainnya dinyatakan positif Covid-19.

“Yang konfirmasi positif sudah keluar hasil tes swab adalah satu orang, sedangkan yang PDP dua orang. Selanjutnya mereka menjalai perawatan di ruang isolasi BRSU Tabanan,” ungkap Juru Bicara Satgas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Tabanan, I Putu Dian Setiawan, Kamis (9/4/2020).

Namun, Dian yang juga Kadiskominfo Tabanan itu tak menjelaskan secara rinci identitas dan jenis kelamin pasien. Begitu juga tentang asal-usul rujukan ketiga pasien dimaksud.

Berdasarkan aturan revisi 4 pedoman pencegahan dan pengendalian Covid-19, data yang di-update per 9 April 2020 sore, selain ketiga pasien tersebut, juga OTG (orang tanpa gejala) sebanyak 92 orang, dan ODP (orang dalam pemantauan) sebanyak 12 orang.

Sementara ada sejumlah kegiatan satgas dalam upaya pecegahan Covid-19 di Kabupaten Tabanan. Di antaranya FKPD Kabupaten Tabanan menyelenggarakan rapat melalui video conference, dalam rangka membahas perkembangan antisipasi penanggulangan Covid-19. Dalam rapat ini mengemuka bahwa pemerintah wajib memaksa masyarakat untuk menggunakan masker dan menjalankan PHBS.

Baca Juga :  Beri Pemahaman Kebanksentralan, BI Bali Latih Wartawan Ekonomi

“Rencana aksi selanjutnya, antara lain memonitor dan pengawasan tentang ketersediaan kebutuhan pokok masyakakat,” ujar Dian.

Selain itu, lanjutnya, monitoring pelaksanaan instruksi tentang pasar tradisional, toko modern, dan rumah makan. Juga promosi kesehatan tentang pencegahan Covid-19, serta memonitor ODP di semua wilayah Tabanan.

Dari satgas pun mengimbau dan berharap kerja sama masyarakat Tabanan, agar tetap melakukan isolasi mandiri, tidak keluar rumah apabila tidak ada keperluan mendesak, menjalankan pola hidup bersih dan sehat, selalu rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta selalu berpikiran positif dalam menghadapi situasi seperti saat ini.

“Sangat diwajibkan untuk menggunakan masker apabila beraktivitas di luar rumah. Semoga kita semua sehat, dan pandemi Covid-19 ini segera berakhir. (ita/bpn)