Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sebagai upaya memaksimalkan pencegahan di mewabahnya virus corona (Covid-19) di Kota Denpasar, Pemkot Denpasar terus membangun sinergi dengan seluruh stakeholder.

Tak hanya di internal OPD, sinergitas juga dibangun hingga ke tingkat Desa/Lurah sebagai ujung tombak di lapangan. Hal ini dilaksanakan dengan pembentukan Satgas Covid-19 di tingkat Desa/Lurah se-Kota Denpasar.

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai saat dikonfirmasi Selasa (31/3/2020) menjelaskan bahwa Desa/Lurah sebagai lapisan terbawah pemerintah memiliki peranan yang penting. Hal ini lantaran memiliki akses langsung yang bedekatan dengan masyarakat. Sehingga dengan cara-cara yang persuasif dan kekeluargaan mampu memberikan edukasi bagi masyarakat dalam pencegahan penyebaran virus corona ini.

Adapun Satgas Covid-19 di tingkat Desa/Lurah nantinya bertugas untuk melakukan pemantauan wilayah memberikan nasehat, himabaun dan melaksanakan monitoring serta evalusai pelaksanaan kegiatan pencegahan Corona Virus Desease (Covid-19). Disamping itu juga melakukan pencegahan pencegahan seperti penyemprotan disinfektan secara rutin.

Baca Juga :  Diikuti 38 Peserta, Lomba Ogoh-Ogoh Mini Kasanga Fest Bertabur Kreativitas

Sehingga sinergitas penanganan hingga lapisan terbawah diharapkan efektif dalam memutus rantai penyebaran virus corona.

“Tentunya langkah preventif guna memutus penyebaran dapat dilaksanakan langsung di masyarakat, mulai dengan sosialisasi social dan physical distancing, menerapkan pola hidup bersih dan sehat, cuci tangan pakai sabun, serta memastikan arahan pemerintah pusat, pemerintah povinsi, dan pemerintah kota dapat terlaksanakan dengan baik,” kata Dewa Rai.

Sementara itu Ketua Forum Perbekel Lurah Kota Denpasar, I Gede Wijaya Saputra ditempat terpisah menjelaskan bahwa seluruh desa dan lurah telah membentuk Satgas Covid-19. Seluruh elemen amsyarakat terlibat langsung dan bahu membahu dalam memutus penyebaran virus corona ini. mulai STT, Linmas, Pecalang dan elemen masyarakat lainya.

“Tentu dengan adanya satgas Covid-19 ini diharapkan dapat efektif dalam memutus penyebaran virus corona,” ujarnya. (ags/humas-dps/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News