BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Relawan Jembrana Kembali Jaya (JKJ) bekerjasama dengan Sat Brimob Polda Bali Batalion C melakukan penyemprotan disinfektan mengunakan Water Cannon di Kecamatan Negara dan Jembrana, Senin (30/3/2020).

Penyemprotan ini sebagai bentuk kepedulian Relawan JKJ dan Sat Brimob Batalion C guna mengantisipasi merebaknya penyebaran wabah Virus Corona (Covid-19).

Selain inisiatif dari Relawan JKJ, penyemprotan ini juga dilakukan karena banyaknya permintaan dari masyarakat setelah meningkatnya kasus Covid-19 di Bali.

“JKJ merasa ikut terpanggil mencegah penyebaran Virus Corona. Agar masyarakat merasa lebih nyaman dan aman melaksanakan berkegiatan di lingkup kediaman masing-masing,” ungkap Ketua Relawan JKJ, I Nengah Tamba, SH ketika diwawancarai baliportalnews.com.

Menurut Tamba, kegiatan ini telah dilakukan dari tanggal 23 Maret lalu dan akan dilakukan secara berkesinambungan dan pelan-pelan meluas ke beberapa wilayah lain di Jembrana sesuai permintaan masyarakat.

Ditambahkan Tamba, penyemprotan disinfektan ini menggunakan cairan natrium hypochlorite murni, hidrogen peroksida, pine oil dan benzalkonium choride yangg sudah diukur takarannya sesuai dengan standar WHO, agar bisa membunuh virus tapi tanpa membahayakan dan mencemari lingkungan.

Baca Juga :  Aparat Penegak Hukum di Bali Berintegrasi Cegah Korupsi

“Kami ucapkan terima kasih kepada Sat Brimob Polda Bali Batalion C, semoga kedepannya bisa bekerjsa sama lagi dalam rangka kegiatan sosial di Kabupaten Jembrana,” ucap I Nengah Tamba, SH.

Penyemprotan Disinfektan di Pura Jagatnatha, Jembrana, Senin (30/3/2020)

Para tenaga penyemprot juga sudah dibekali Alat Pelindung Diri (APD) yang memenuhi standar dan dilatih cara menyemprot yang baik.

“Masyarakat sebaiknya melakukan physical distancing antara lain dengan lebih banyak berdiam di rumah apabila tidak ada kegiatan mendesak. Ini dalam rangka mencegah penyebaran Virus Corona. Apalagi pemerintah sudah menghimbau, sebaiknya patuhi,” jelas pengusaha sukses yang juga politisi senior ini.

Relawan Jembrana Kembali Jaya (JKJ)

Sementara Ketua Penggerak Relawan JKJ Ketut Panca Bayu mengatakan, untuk kali ini Relawan JKJ langsung terjun melakukan penyemprotan yang dimulai dari sekretariat Jembrana Kembali Jaya (JKJ) menuju tempat ibadah baik pura, masjid, maupun gereja, pasar, sekolah-sekolah,  kantor perbankan, dan fasilitas umum lainnya.

“Tentu saja dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yang lengkap dan memperhatikan serta mempertimbangkan keamanan lingkungan pasca penyemprotan,” ungkap Panca Bayu.(agg/bpn)