Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Manajemen PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali menerima kunjungan anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) utusan Provinsi Bali, Dr. Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna M. Wedasteraputra Suyasa, dalam Rapat Dengar Pendapat yang dilaksanakan pada Senin (24/2/2020) pagi di Gedung Wisti Sabha yang terletak di dalam kompleks bandar udara.

Dalam kunjungan yang berlangsung selama kurang lebih 3 jam tersebut, Senator Arya Wedakarna diterima oleh jajaran Manajemen PT Angkasa Pura I (Persero) selaku pengelola bandar udara. Turut hadir pula pimpinan lima koperasi penyedia transportasi darat dan taksi, perwakilan Parisada Hindu Darma Indonesia (PHDI) Provinsi Bali, serta Bendesa Desa Adat penyangga bandar udara, yaitu Bendesa Desa Adat Tuban dan Kelan.

Co. General Manager Commercial, Rahmat Adil Indrawan, selaku perwakilan dari Manajemen PT Angkasa Pura I (Persero) mengapresiasi atas perhatian Senator Arya Wedakarna terhadap bandar udara kebanggaan masyarakat Bali ini.

“Kami sangat mengapresiasi Senator Arya Wedakarna yang sangat peduli dan perhatian dengan keadaan dan situasi yang ada di bandar udara,” ujar Rahmat Adil membuka rapat.

Baca Juga :  Laksana Becik Gandeng SD No. 4 Tuban, Gencarkan Program Edukasi dan Pengembangan Apotek Hidup

Secara umum, Rapat Dengar Pendapat tersebut membahas terkait evaluasi pelayanan bandar udara, serta untuk mendengar aspirasi dari sejumlah pemangku kepentingan. Sejumlah agenda yang menjadi perhatian utama dari Senator yang merupakan anggota Komite I Bidang Hukum DPD RI tersebut antara lain adalah terkait transportasi darat, layanan Special Needs Service yang diperuntukkan bagi Sulinggih, serta pelayanan bandar udara secara umum.

Terkait kualitas layanan di bandar udara, Senator Arya Wedakarna menegaskan bahwa bandar udara merupakan parameter nama baik Bali dan Indonesia.

“Dan tentu, kepentingan saya dan DPD adalah nama baik Indonesia. Karena kalau berbicara tentang airport, bicara Indonesia pasti bicara Bandara I Gusti Ngurah Rai. Dari situlah, kepentingan kami bukan hanya untuk Bali saja, tetapi juga untuk Indonesia,” tuturnya.

Salah satu isu yang menjadi sorotan utama Senator Arya Wedakarna adalah terkait transportasi darat di bandar udara, terutama terkait kerja sama PT Angkasa Pura I (Persero) dengan Grab selaku perusahaan penyedia aplikasi layanan transportasi darat. Dalam rapat ini, Senator Arya Wedakarna turut memberikan kesempatan kepada para perwakilan dari koperasi penyedia penyedia transportasi darat dan taksi yang beroperasi di bandar udara, yang mengakui bahwa setelah terintegrasi dengan aplikasi online Grab Airport, banyak keuntungan yang kini telah diperoleh.

“Dulu, sewaktu kami masih bersifat konvensional, hanya sedikit mendapatkan jumlah retase. Dengan adanya online, yang mana saat ini merupakan sebuah keniscayaan, kami merasa ada peningkatan sekitar 60-70%. Jadi kami sangat apresiasi dengan aplikasi online,” ujar perwakilan dari Koperasi Sapta Pesona.

Baca Juga :  Bupati Giri Prasta Serahkan SK Untuk 1.935 P3K dan 25 PNS Lulusan PKN STAN

Perwakilan dari Koperasi Loh Jinawi turut mengamini hal yang sama. “Membandingkan sebelum dan sesudah adanya aplikasi ini, jauh lebih bagus. Kalau dulu dapat satu atau dua kali (penumpang per hari), sekarang bisa empat hingga lima kali, naik sekitar 400-500%,” ucapnya.

Senator Arya Wedakarna juga turut mengapresiasi layanan holding room dan lounges khusus yang merupakan bagian dari layanan special need service yang diperuntukkan bagi Sulinggih serta para pemuka agama untuk menanti waktu boarding pesawat.

“Selama ini, kerja sama DPD RI dengan airport sangat baik sekali. Beberapa rekomendasi kami telah dilakukan sebaik-baiknya. Saya harapkan komunikasi dengan PT Angkasa Pura I mohon untuk dipertahankan, dan ini juga merupakan apresiasi dari kami,” tutup Senator Arya Wedakarna.(r/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News