BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kafe Janger di Jalan Sedap Malam, mengundang BNNK Denpasar untuk melakukan tes urine, Selasa (3/12/2019) lalu. Manajer Kafe Janger, Made mengatakan, tes urine tersebut ditujukan kepada karyawan dan pemandu lagu yang berjumlah 20 orang.

Ia mengatakan, Kafe Janger ingin bersinergi dengan BNNK Denpasar dalam upaya serius pemberantasan narkoba. ‘’Ini adalah bentuk komitmen kami untuk memberantas narkoba dimulai dari diri sendiri alias karyawan Kafe Janger,’’ ujar Made.

Kegiatan itu dipimpin Kepala BNNK Denpasar AKBP Hagnyono, didampingi Kasi Pemberantasan Kompol Made Maha Atmaja, mulai pukul 15.00. Sebelum dites urine, Hagnyono menjelaskan kepada karyawan kafe terkait tujuan kegiatan ini. Tes urine ini merupakan deteksi diri terhadap penyalahgunaan narkoba di lingkungan dunia usaha.

“Jika ada terdeteksi menyalahgunakan narkoba, akan dilakukan assessment untuk mengetahui riwayat pemakaiannya,” tegas Hagnyono.

Dia juga mengajak karyawan kafe untuk menghindari penyalahgunaan narkoba. Pasalnya, selain memberikan dampak buruk bagi tubuh, juga berimbas pada ekonomi keluarga. Tes urine ini juga merupakan peran serta dunia usaha guna mendukung pemerintah dalam hal P4GN, sekaligus dalam rangka wujud kepedulian dunia usaha dalam memerangi peredaran gelap narkoba.

Dari hasil pemeriksaan tes urine, tidak ditemukan karyawan yang diduga menyalahgunakan narkoba. Kasi Pemberantasan BNN Kota Denpasar Maha Atmaja berharap kegiatan deteksi dini ini dapat rutin dilaksanakan dan menyasar seluruh karyawan. Serta dapat ditiru oleh pengusaha tempat hiburan malam lainnya sebagai komitmen bersama dalam pemberantasan narkoba. (tis/bpn)