BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Bisnis perjalanan atau usaha travel sangat menjanjikan saat ini. Bisnis pariwisata bisa menjadi usaha yang dimulai dengan modal usaha minim. Memulainya cukup dengan ketekunan dan kemampuan presentasi yang baik serta pintar menatap peluang. Indonesia negara dengan destinasi wisata yang beragam membuat bisnis travel menjanjikan.

Kemampuan dan didukung kemauan yang dapat dipelajari merupakan hal wajib bagi pemilik usaha travel. Selain itu beberapa hal ini adalah langkah yang dapat disiapkan untuk terjun ke bisnis travel:

1. Pilih Jenis Usaha Yang Sesuai Keinginan
Menentukan jenis usaha wisata yang sesuai adalah hal yang utama. Tiketing, usaha penyewaan mobil atau motor, jasa urus surat paspor dan visa, pemesanan kamar homestay atau hotel, perjalanan menuju destinasi pariwisata.
Bila pilihan sudah dalam genggaman, maka fokuslah dengan usaha tersebut agar lebih mudah mempelajari apa saja yang dibutuhkan.

2. Ciptakan Profil Usaha Yang Menarik
Setelah Anda menemukan usaha travel yang diminati, maka buat segera profil usaha Anda. Tulis profil yang dapat memberi keyakinan calon pengguna jasa. Karena profil merupakan tempat Anda menawarakan jasa, isi dengan gambar yang menarik agar mendapat peluang yang baik.

3. Petakan Tujuan Target Wisata Anda
Bila travel wisata menjadi pilihan berbisnis Anda, coba lakukan pemetaan destinasi wisata yang ditawarkan. Setiap provinsi di Indonesia memiliki tujuan wisata, taman rekreasi, taman hiburan, wisata sejarah serta wisata kuliner. Coba untuk mencari potensi wisata disekitar daerah tempat tinggal Anda. Jarak wisata tidak lebih dari 300 km agar dapat menyesuaikan biaya paket nantinya.

4. Membuat Izin Usaha
Usaha travel Anda berangsur-angsur berkembang dengan baik dan besar. Jangan lupa untuk mempersiapkan mendaftarkan usaha Anda secara resmi. Jangan sampai usaha yang Anda rintis bermasalah dengan hukum yang ada di Tanah Air.

5. Asuransi Perjalanan Pariwisata
Selanjutnya perhatikan beragam keuntungan yang ditawarkan oleh penyedia jasa asuransi tersebut. Dalam beberapa paket asuransi wisata perjalanan mempunyai keuntungannya masing-masing. Beberapa keuntungan mungkin sama, namun ada beberapa keuntungan yang bersifat individual tergantung jenis paket yang dipilih. Keuntungan yang didapat beberapa adalah asuransi kecelakaan, kehilangan barang, asuransi kesehatan dan lain-lain.

Perbedaan utama dalam keuntungan ini adalah jumlah atau besar kecilnya klaim yang akan diperoleh. Proses klaim menjadi suatu kategori dalam pemilihan asuransi. Anda perlu mencari informasi tentang syarat-syarat dokumen dan tata cara proses klaim dari asuransi tersebut. (RSV)