Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, SPANYOL – Para pebalap Astra Honda Racing Team berjuang mencetak catatan waktu terbaik pada sesi kualifikasi FIM CEV International Championship di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Sabtu (9/11/2019) lalu.

Hasilnya, Mario akan start balapan seri pamungkas CEV Moto3 Junior World Championship dari posisi ke-15. Sementara itu di kelas CEV Moto2 European Championship, Gerry Salim start dari posisi ke-11, disusul Andi Gilang pada posisi ke-12.

Kualifikasi seri terakhir FIM CEV International Championship berlangsung menegangkan. Semua pebalap berlomba-lomba sekuat tenaga untuk menjadi pebalap yang menempati posisi start balap terdepan yang akan diselenggarakan pada Minggu (10/11/2019) kemarin.

Pada kelas CEV Moto3 Junior World Championship, pebalap Mario Suryo Aji menunjukkan ketangguhan dan semangat pantang menyerah. Pada kualifikasi pertama, Mario menempati posisi ke-11 setelah mencetak lap tercepat 1:40,649 pada lap 13, hanya terpaut tipis 0,828 detik dari posisi pertama.

Baca Juga :  Avila Bahar dan Alvin Bahar Berhasil Raih Kemenangan Pada Seri Pembuka Kejuaraan Nasional Balap Mobil ISSOM Musim 2024

Pada kualifikasi kedua, anak muda asal Magetan, Jawa Timur ini sempat mengalami insiden di tikungan pertama pada awal lap. Bendera merah pun sempat dikibarkan tanda balapan harus berhenti. Namun Mario tak ingin berhenti, dia tetap berjuang kembali ke trek sirkuit untuk menyelesaikan sesi kualifikasi. Berdasarkan hasil dua kualifikasi yang dijalaninya, Mario akan memulai balapan seri pamungkas pada posisi ke-15.

“Sebelumnya saya sudah pernah balapan di sirkuit ini pada seri kedua CEV, sehingga pada sesi kualifikasi ini saya berusaha fokus pada perbaikan catatan waktu terutama saat di tikungan dengan titik pengereman yang lebih dekat. Saya akan berjuang keras pada balapan terakhir CEV dapat finish di 10 besar,” ujar Mario.

Pada kelas CEV Moto2 European Championship, Andi Farid Izdihar, yang biasa dipanggil Andi Gilang, menunjukkan performa balapnya di tengah tantangan udara dingin dan angin kencang selama kualifikasi berlangsung. Kendati terjatuh pada akhir kualifikasi pertama, Andi mampu menempati posisi ke-8 dengan catatan waktu 01:37,697. Pada kualifikasi kedua, Andi kesulitan mempertajam catatan waktu karena terkendala angin yang semakin kencang saat balapan. Berdasarkan hasil kedua klasifikasi, Andi Gilang akan memulai balapan pada baris keempat di posisi ke-12.

“Kualifikasi kedua terasa lebih sulit. Selain karena kondisi angin kencang, setting motor juga perlu disesuaikan kembali, terutama pada suspensi. Untuk balapan terakhir CEV, saya akan berusaha mengejar posisi group depan semaksimal mungkin untuk capai hasil terbaik di tahun ini,” ujar Andi Gilang.

Rekan setimnya, Gerry Salim, sempat beberapa kali menempati posisi 5 besar pebalap tercepat pada beberapa lap pertama di kedua sesi klasifikasi. Gerry mencatatkan waktu terbaiknya pada lap ke-12 kualifikasi kedua, yaitu 1:37,644 detik. Pada balapan terakhir CEV Moto2 European Championship yang digelar hanya sekali, Gerry akan start dari posisi ke-11.

Baca Juga :  Motor Listrik Jadi Materi Uji Baru Festival Vokasi AHM

“Selama sesi kualifikasi, sama mencoba terus mengikuti pebalap di group depan. Namun hasilnya masih belum sesuai ekspektasi saya. Untuk balapan terakhir musim balap tahun ini di CEV, saya akan berusaha lakukan beberapa penyesuaian setting motor bersama tim. Mohon dukungannya,” ujar Gerry.

Setelah sesi pemanasan pada Minggu (10/11/2019) yang digelar pada pukul 14.45 WIB, tiga pebalap Astra Honda Racing Team ini akan menuntaskan rangkaian balapan FIM CEV International Championship tahun ini. Balapan CEV Moto3 Junior World Championship akan digelar sebanyak dua kali pukul 17.00 WIB dan 20.00 WIB. Untuk kelas CEV Moto2 European Championship, balapan digelar hanya sekali pukul 19.00 WIB. Balapan bisa disaksikan secara langsung di channel YouTube FIM CEV.(tis/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News