BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Setelah melalui beragam tahapan, Perbekel Terpilih hasil Pilkel Serentak Tahun 2019 dilantik secara resmi. Sebanyak 23 Perbekel Terpilih diambil sumpah dan janji yang dipimpin oleh Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra di Wantilan Ayung III IPA Blusung, PDAM Kota Denpasar, Senin (11/11/2019).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara, Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, Ketua TP. PKK Kota Denpasar, Ny. IA. Selly Dharmawijaya Mantra, Ketua WHDI Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Forkopimda Kota Denpasar, pimpinan OPD serta perangkat Desa se-Kota Denpasar.

Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara dalam kesempatan tersebut menekankan bahwa Perbekel merupakan ujung tombak pemerintahan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Tentunya dengan posisi yang sangat strategis tersebut menjadikan perbekel memiliki peranan yang vital. Sehingga diperlukan sinerigitas antara perbekel dalam segala bidang pembangunan.

Rai Mantra menjelaskan, keberadaan perbekel saat ini wajib menjadi solusi atas permasalahan di masyarakat. Hal ini dilaksanakan dengan mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat, serta menggali potensi desa dengan tetap mempertahkankan karakteristik dan jati diri desa.

“Kedepan tantangan kita akan samakin kompleks, dibutuhkan tata kelola pemerintahan desa yang mampu memberikan solusi atas permasalahan di masyarakat dengan tetap mempertahankan kearifan lokal tanpa kehilangan modal dasar kebudayaan yang adi luhung,” paparnya.

Lebih lanjut dijelaskan, perbekel juga harus mampu meggerakkan seluruh komponen masyarakat dan potensi yang ada. Sehingga mampu mewujudkan kemandirian ekonomi, menekan angka kemiskinan, pengangguran, kawasan kumuh, menekan angka putus sekolah, serta pengendalian penduduk menuju kesejahteraan rakyat.

Rai Mantra juga berpesan kepada seluruh perbekel yang baru dilantik untuk mampu mewujudkan tata kelola pemerintahan desa yang transparan dan akuntable. Hal penting yang harus segera dilaksanakan adalah bagaimana mampu memaknai kemenangan ini sebagai kemenangan bersama, serta membangkitkan kebersamaan masyarakat untuk mendukung pembangunan desa.

Selain itu, Rai Mantra juga berpesan, sebagai tauladan di masyarakat, hendaknya perbekel harus menjadi insan panutan dengan tidak melanggar norma serta terhindar dari kasus hukum dan sosial di masyarakat.

“Sekali lagi kami ucapkan selamat bertugas kepada seluruh perbekel yang baru saja dilantik, kami berharap sinergitas bersama serta senantiasa berinovasi dalam meningkatkan untuk menggali potensi desa guna menciptakan kemandirian ekonomi menuju kesejahteraan rakyat,” ujar Rai Mantra.

Kepala DPMD Kota Denpasar, IB Alit Wiradana menjelaskan bahwa seluruh tahapan Pilkel serentak di Kota Denpasar telah berlangsung mulai dari tahapan pencalonan, penetapan DPT, pemungutan suara yang dilaksanakan pada 27 Oktober serta penetapan calon terpilih yang digelar serentak di 23 Desa yang diikuti oleh 61 calon.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung seluruh tahapan sehingga berjalan dengan lancar dengan situasi kondusif, semoga keberhasilan ini dapat membawa kebaikan menuju kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Adapun 23 Perbekel yang dilantik yakni untuk Kecamatan Denpasar Timur, Desa Penatih Dangin Puri, I Wayan Kamar, Kesiman Petilan, I Wayan Mariana, Desa Sumerta Kaja, I Gusti Ngurah Mayun, Desa Sumerta Kauh, I Wayan Sentana Desa Sumerta Kelod, I Gusti Ketut Anom Suardana.Untuk di Kecamatan Denpasar Utara, Desa Peguyangan Kangin, I Wayan Susila, Desa Ubung Kaja, I Wayan Astika, Desa Pemecutan Kaja, AA Ngurah Arwatha, Desa Dauh Puri Kaja, I Gusti Ketut Sucipta, Desa Dangin Puri Kaja, AA Ngurah Gede Cahyadi, Desa Dangin Puri Kauh, IB Gede Gana Putra Karang, Desa Dangin Puri Kangin, I Wayan Sulatra.

Kecamatan Denpasar Barat, yakni perbekel petahana Desa Padangsambian Kaja, I Made Gede Wijaya, Desa Padangsambian Klod, I Gede Wijaya Saputra, Desa Pemecutan Kelod, I Wayan Tantra, Desa Dauh Puri Kauh, I Gusti Made Suandhi, Desa Dauh Puri Kelod, Nengah Suartha, Desa Dauh Puri Kangin, Ni Ketut Anggreni Wati, Desa Tegal Harum, Komang Adi Widiantara.Kecamatan Denpasar Selatan, Desa Sidakarya, I Wayan Rena, Desa Sanur Kaja, I Made Sudana, Desa Sanur Kauh, I Made Ada dan Desa Pemogan, I Made Suwirya.

Sementara itu, Perbekel Desa Padangsambian Kelod, I Made Wijaya Saputra mengaku berterimakasih kepada seluruh masyarakat yang sudah mempercayakan kembali kepemimpinan desa pada dirinya.

“Tantu saya berterimakasih kepada semua pihak, utamanya masyarakat Desa Padangsambian Kelod yang telah mendukung dengan tetap menjaga kondusifitas selama pelaksanaan pilkel, kedepan tentunya kita wajib bersinergi untuk kemajuan desa dan kesejahteraan rakyat,” ujarnya. (ags/humas-dps/bpn)