Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Bertepatan dengan Purnama Kapat, Redite Umanis Menail, Minggu (13/10/2019) I Gusti Putu Wira (61) dengan Ni Made Karmi (Jero Ratna) (56) melaksanakan Pediksan di Griya Pasraman Purwasari Kiduling Kesambi, Banjar Muding Kelod, Kelurahan Kerobokan Kaja, Kuta Utara.

Pediksaan ini dihadiri Bupati Badung yang diwakili Kabid Adat dan Tradisi Dinas Kebudayaan Ida Bagus Agung dan ditandai dengan penyematan Insinye Sulinggih serta menyerahkan dana punia upakara sebesar Rp 100 juta.

Dengan penyematan Insinye ini menandakan sahnya pediksan sulinggih dengan Biseka Ida Rsi Agung Bija Pinatih Suta Buruan Munik Manuaba (MM) dan istri mabiseka Ida Rsi Istri Ratna Bija Pinatih Suta Buruan Munik Manuaba (MM) menyandang status sebagai sulinggih.

Kepala Bidang Adat dan Tradisi Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung IB. Agung menyambut baik kalau semua umat sedarma atau pesemetonan yang ada di Kabupaten Badung untuk bisa melaksanakan Upacara Padiksan atau Upacara Medwijati ini. Dikatakan bahwa biksuka Lanang Istri sudah terdaftar di Dinas Kebudayaan sebagai sulinggih yang ke-237 Sulinggih di Kabupaten Badung, diharapkan kepada pasemetonan khususnya Semeton Panca Sakti “I Gusti Ngurah Kerobokan”  Pratisentana Ratu Gede Meliling Warga Arya Wang Bang Pinatih  se-Kabupaten Badung agar sedapat mungkin bisa ngaturin untuk muput upacara atau minta petunjuk  memberikan pencerahan bidang Agama kepada pesemetonan atau kepada umat sedarma yang ada di Kabupaten Badung.

Baca Juga :  Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik dan Peran Media di Badung

Lebih lanjut dikatakan upacara Pediksaan yang dilakukan oleh keluarga besar pesemetonan ini dan sudah di Tapak oleh Guru Nabe adalah sama. “Kami dari Dinas Kebudayaan mengangap tidak ada perbedan, semua sulinggih yang sudah di Tapak oleh Nabe, baik Siwa maupun Buda termasuk Rsi Bujangga itu adalah sama,” jelas IB Agung.

Sementara itu Ketua Panitia IGN Putu Weda mengatakan kegiatan ini sudah dipersiapkan sejak Saniscara Umanis Medangkungan  (28/9/2019) yaitu Matur Piuning  ring merajan  Ageng, dilanjutkan Redite Paing (29/9/2019) calon diksa tangkil ring calon Nabe dan Saniscara Kliwon Uye Sabtu (12/10/2019) dilaksanakan Upacara Amati Raga dan Ngekeb yang dilaksanakan di Geria Nabe bertempat di Geria Sanding Pejeng, Gianyar.

Baca Juga :  Puncak Arus Balik Tanggal 14 April 2024, Operasional Bandara I Gusti Ngurah Rai Berjalan dengan Lancar

Bertindak selaku Nabe Ida Pedanda Nabe Gede Buruan Manuaba, selaku Nabe Waktra Ida Rsi Agung Wayabya Sri Prabu Sogata Karang dari Geria Buda Buduk Kec. Mengwi dan Ida Pedanda Gede Tarukan Manuaba dari Geria Pada dari Perumahan Dalung Permai serta selaku Nabe Saksi Ida Rsi Agung Sidhi Citta Sidemen dari Griya Sidemen, Karangasem.

Turut hadir pada kesempatan dari Puri Mayun A.A. Mayun Eman, PHDI Badung diwakili I Wayan Sukarya, Ketua Widya saba Kabupaten Badung I Wayan Sudiasa, Perwakilan dari Kementrian Agama serta para Pelingsir Geria dan perwakilan puri dari pasemetonan Arya Wang Bang Pinatih.(humas-bdg/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News