Hosting Unlimited Indonesia

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Seluruh warga di Banjar Sakeh, Desa Sudimara, Tabanan, dengan penuh semangat mengikuti upacara bendera memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI, di depan balai banjar setempat, Sabtu (17/8/2019).

Bertindak selaku inspektur upacara Kelian Adat Banjar Sakeh, I Wayan Mertayasa, dengan komandan upacara I Wayan Gunawan. Petugas upacara melibatkan muda-mudi banjar setempat, serta seluruh peserta dengan mengenakan pakaian adat.

Dengan menggelar upacara pada Hari Kemerdekaan RI ini, kata Mertayasa, sekaligus untuk mengenang sejarah perjuangan para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan bangsa ini. “Ide menggelar upacara bendera di tingkat banjar ini, juga sekaligus untuk menumbuhkan rasa nasionalisme kepada generasi muda, khususnya di Banjar Sakeh,” ungkapnya.

Ketua Muda-mudi Banjar Sakeh, I Putu Eka Adi Putra, mengatakan hal senada. “Sudah sepatutnya kami sebagai generasi muda dan penerus bangsa ini untuk menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan di negeri ini,” ujarnya.

Sementara dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, pihak panitia juga mengadakan berbagai lomba, yang melibatkan semua warga Banjar Sakeh. Antara lain lomba utuk anak-anak seperti makan kerupuk, tiup balon, dan lain-lain. Begitu juga lomba tarik tambang yang melibatkan ibu-ibu PKK dan muda-mudi setempat.

“Sebelumnya, kami juga mengadakan jalan santai sambil memungut sampah plastik. Hal ini kami maksudkan agar lingkungan kami di Banjar Sakeh senantiasa bersih dan sehat,” imbuh Mertayasa.

Aktivitas kreatif tersebut juga mendapat apresiasi dari anggota DPRD Tabanan I Made Dirga, yang tak lain juga sebagai warga Banjar Sakeh.

“Semua kegiatan yang dilaksanakan warga Banjar Sakeh itu sepatutnya diapresiasi dan tentu saya dukung sepenuhnya. Termasuk ketika warga melakukan persembahyangan bersama dalam rangka HUT Kemerdekaat RI ini, guna memohon keselamatan dan kemajuan untuk negeri ini. Saya sebagai anggota dewan dan sekaligus sebagai warga Banjar Sakeh tentu ikut merasa bangga,” ujarnya. (ita/bpn)

loading...