BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Sekaa Teruna (ST) Dharma Teruna Kara, Br. Tengah, Desa Blahkiuh merayakan HUT ke-41, Minggu (25/8/2019). Dalam perayaan HUT tahun ini mengangkat tema “Penanganan sampah plastik sesuai falsafah Tri Hita Karana”. Tema ini sejalan dengan program Pemkab. Badung yang sedang gencarnya memerangi sampah plastik melalui program Badung Anti Kantong Plastik (BATIK) dan Gerakan Serentak (Gertak) Badung Bersih.

Perayaan HUT tersebut dihadiri Bupati Badung diwakili Camat Abiansemal IGN Suryajaya bersama Perbekel Blahkiuh I Gst. Ngurah Made Oka, Bendesa Adat Blahkiuh IB Bajra, Ketua BPD I Made Sukaarsa, para undangan dan krama Banjar Tengah. Puncak perayaan HUT diisi pemotongan tumpeng dan peresmian mars sekaa teruna. Untuk mendukung kegiatan tersebut, Camat Abiansemal menyerahkan bantuan Pemkab Badung sebesar Rp. 24 juta dan bantuan pribadi Bupati Badung sebesar Rp. 10 juta.

Menurut Ketua Panitia I Komang Kresna Nanda, tema yang diangkat dalam HUT kali ini adalah penanganan sampah plastik sesuai falsafah Tri Hita Karana. Hal ini dilakukan untuk mendukung program pemerintah Provinsi Bali melalui Peraturan Gubernur Bali No 97 tahun 2018, dan Peraturan Bupati Badung No. 47 tahun 2018 tentang penanganan sampah plastik. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan harmonis kepada tuhan, damai dengan sesama dan peduli terhadap lingkungan. Selain itu dapat memperkokoh rasa persatuan khususnya bagi teruna-teruni.

Baca Juga :  Sertijab Kapolsek Selemadeg dan Kapolsek Pupuan

Kegiatan yang telah dilakukan meliputi pemuteran film pendek mengenai penanganan sampah plastik,  membagikan tas dipakai ulang guna pengurangan tas kresek, kegiatan gotong royong, donor darah, jalan santai,  senam maumere, lomba-lomba dan door price. Yang tak kalah pentingnya yaitu mendalami filosofi Tri Hita Karana kepada tokoh Blahkiuh, I Gusti Agung Ketut Sudaratmaja. Beliau merupakan salah satu anak dari pencetus konsep Tri Hita Karana yang mendunia yakni (alm) I Gst. Ketut Kaler yang juga dari Banjar Tengah, Blahkiuh.

Sementara Camat Abiansemal I Gusti Ngurah Suryajaya mewakili Bupati Badung sangat bangga dan mengapresiasi ST Dharma Teruna Kara yang telah melaksanakan HUT ke-41 dengan kegiatan utama memerangi sampah plastik. Apa yang dilakukan sekaa teruna ini sangat mendukung program dari pemerintah daerah untuk mengurangi sampah plastik dan mewujudkan Badung bersih dan bahagia. Dalam kesempatan tersebut Camat asal Petang ini juga menyampaikan pesan dari Bupati kepada sekaa teruna. Pesannya, sekaa teruna harus bersatu dan menghindari hal-hal negatif seperti mabuk-mabukan, mengganggu ketertiban umum, dan penyalahgunaan narkoba maupun narkotika. (humas-bdg/bpn)