Hosting Unlimited Indonesia

BALIPORTALNEWS.COM – Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali berdua. Salah satu putera terbaiknya yaitu Guru Besar Fakultas Eknomika dan Bisnis (FEB) Prof.Dr. Nopirin, M.A., meninggal dunia pada Kamis (15/8/2019) pada usia 76 tahun. Beliau meninggalkan seorang isteri dan seorang anak.

Prof. Nopirin dimakamkan Jum’at (16/8/2019) di makam keluarga UGM Sawitsari, Depok, Sleman. Sebelumnya, jenazah almarhum disemayamkan di Balirung UGM guna mendapatkan penghormatan terakhir dari keluarga besar UGM.

Rektor UGM, Prof.Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU., menyampaikan almarhum memiliki komitmen yang sangat tinggi bagi kemajuan UGM dan bangsa Indonesia. Kecintaan pada ilmu pengetahuan terutama bidang ekonomi mampu memberikan wawasan baru yang bermanfaat bagi masyarakat baik di Indonesia maupun dunia internasional

“Atas nama keluarga besar UGM kami menyampaikan bela sungkawa dan rasa duka yang mendalam pada keluarga besar almarhum,”ucapnya.

Panut menyebutkan almarhum merupakan salah satu putera terbaik dalam bidang Ilmu Ekonomi di Indonesia. Pidato pengukuhan almarhum pada tahun 2000 yang berjudul Krisis Ekonomi Indonesia: Apa Yang Telah Terjadi, Pelajaran Apa Yang Dapat Diperoleh, Dan Langkah Apa Yang Harus Ditempuh menjadi sarana refleksi bagi para pemangku kepentingan ekonomi di Indonesia pada saat itu untuk menghasilkan kebijakan ekonomi yang lebih tepat. Dengan begitu mampu melewati masa-masa krissi di era tahun 2000.

Tak hanya itu, dikatakan panut, semasa hidupnya almarhum dikenal sebagai pengajar dan peneliti yang berdedikasi tinggi di bidangnya. Hal ini terbukti melalui banyak karya ilmiah yang dihasilkan.  Disamping itu almarhum juga dikenal sebagai pribadi yang ramah, humoris dan murah hati dlam berbagi ilmu.

“Hal ini membuat kita semuya merasa sangat kehilangan seorang guru, teman, dan sahabat kita,” jelasnya

Dekan FEB UGM, Dr. Eko Suwardi saat menyampaikan riwayat hidup almarhum  menyebutkan Prof. Nopirin mengawali karir akademiknya di FEB UGM pada tahun 1969. Pada tahun 1971, beliau mendapatkan gelar M.A dari University of The Phillipines, Quezon. Selanjutnya, pada tahun 1986, Prof. Nopirin berhasil meraih gelar Ph.D dari Washington State University, USA.

Prof. Nopirin mengawali karir sebagai dosen di UGM pada tahun 1991 dan sempat menjadi ketua jurusan IESP FE UGM pada tahun 1990-1991 serta Pembantu Dekan I FE UGM tahun 1988-1991. Selanjutnya menjabat sebagai Dekan FE UGM selama dua periode yaitu tahun 1994-1997 dan 1997-2001. Lalu pensiun sebagai pengajar FEB UGM pada November 2007, dan selanjutnya menjadi pengajar tidak tetap di FEB UGM untuk Prodi Sarjana, Magister Ekonomika Pembangunan, dan Magister Manajemen.(ika/humas-ugm/bpn; foto:firsto) 

loading...